-->

MAN 2 Kulon Progo Sukses Sebagai Tuan Rumah Launching PPDB JPTT Kemenag DIY

Kulon Progo - Ini pertama kalinya hall di gedung baru MAN 2 Kulon Progo yang dibangun dengan dana SBSN 2019 digunakan untuk perhelatan besar Kanwil Kemenag DIY.  Dihadiri Kakanwil Kemenag DIY Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I., dan dihadiri Kabid Pendidikan Madrasah, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan, dan seluruh Kepala Kantor Kemenag se-DIY serta Kepala Madrasah Negeri se-DIY, Kanwil Kemenag DIY meluncurkan PPDB JPTT (Jalur Prestasi Tahfid Terpadu) Madrasah Se-DIY pada Senin, (15/3/2021).

PPDB Online Kemenag

Acara sukses dihelat dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan. Kesempatan ini pun dimanfaatkan dengan cerdas oleh MAN 2 Kulon Progo sebagai kesempatan untuk menggelar pameran karya siswa keterampilan baik dari Tata Boga, Tata Busana, DKV, TAV, dan APHP. Termasuk liputan live streaming acara ini adalah siswa keterampilan DKV dan sound sistem siswa TAV. MAN 2 Kulon Progo juga memberikan souvernir kepada tamu undangan berupa produk-produk karya siswa keterampilan seperti tas, kalender, pin, brosur PPDB, dan brosur Gemilang (Gebyar Milad dan Jelang Ramadan).

PPDB Online Kemenag

“Merupakan suatu kehormatan MANDAKU sebagai madrasah yang diberi amanah untuk tempat penyelenggaraan acara. Selain launching juga sebagai ajang silturahmi sekaligus untuk mengenalkan lebih dekat  MANDAKU sebagai madrasah plus ketrampilan.  Pengenalan ini kami wujudkan dengan menyuguhkan gelar karya siswa keterampilan,” ungkap Hartiningsih, M.Pd., Kepala MAN 2 Kulon Progo, usai acara. Di luar dugaan, apresiasi luar biasa juga datang dari tamu undangan.  Hasil karya anak-anak terjual banyak dan laris sebagai oleh-oleh khas Kulon Progo, bahkan mereka juga mengirimkan pesan singkat bahwa hasil olahan siswa enak sekali.

Baca Juga : Cara Menulis Hastag yang Benar di Media Sosial

Dalam sambutannya Edhi Gunawan mengapresiasi terselenggaranya PPDB JPTT dan berharap menjadi evaluasi dari seluruh jenjang dan bisa mengantarkan ke jenjang berikutnya. “Dalam PPDB JPTT madrasah, calon peserta didik difasilitasi untuk mendaftar secara individu atau kolektif dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi dalam menjaring siswa disertai dengan petunjuk pelaksanaan. Diharapkan pula program ini dapat mendongkrak animo dan memberikan kesempatan pada lulusan terbaik untuk mendaftar di madrasah DIY,” tuturnya.

Kakanwil juga berpesan bahwa madrasah disikapi sebagai lembaga otonom, kepala madrasah bertanggung jawab terhadap semua layanan pendidikan. Madrasah memiliki program pengembangan madrasah untuk menyusun kurikulum penuh dengan inovasi dan improvisasi serta membangun jaringan dengan lembaga lain.

Baca Juga : Dua Putra Ahmad Dhani, Al dan Dul Kunjungi Minggir, Beri Nama Destinasi Wisata Baru

Sementara itu Kabid Pendidikan Madrasah, H. Muntholib, S.Ag., M.S.I. menyampaikan bahwa program ini merupakan sebuah program yang diselenggarakan secara online dan serentak untuk MTs dan MA se-DIY. Adapun tujuan diselenggarakan PPDB JPTT ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MI/SD/MTs/SMP baik negeri dan swasta dengan memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah atau di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.

Sebagai gambaran, PPDB Jalur Prestasi Tahfid Terpadu Madrasah se-DIY ini bakal diikuti oleh MTs/MA baik negeri maupun swasta di Yogyakarta. Untuk PPPD JPTT MTs se-DIY ini diikuti oleh 64 MTs baik negeri maupun swasta di Yogyakarta. Informasi tentang teknis PPDB JPTT MTs se-DIY ini bisa dilihat di website www.ppdbmtsdiy.online. Sementara itu, http://ppdb.k2madiy.org adalah website berisi informasi tentang teknis PPDB JPTT MA se-DIY yang diikuti 24 Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta se-DIY yang bisa dikunjungi. (ast)

LihatTutupKomentar