-->

Cek Porsi Haji dengan Aplikasi Haji Pintar Kemenag

Cek nomor porsi haji 2020 dan perkiraan keberangkatan haji kini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi haji pintar dari Kementerian Agama (Kemenag). Dulu pengecekan perkiraan berangkat haji melalui website haji.kemenag.go.id/v3/, kemudian memasukan 10 digit nomor porsi kemudian tekan CARI. Maka perkiraan tahun keberangkatan haji akan keluar.

Cek Porsi Haji dengan Aplikasi Haji Pintar Kemenag
Sumber: haji.kemenag.go.id


Untuk calon jemaah haji khusus, pengecekan bisa dilakukan oleh biro perjalanan haji tempat jemaah mendaftarkan diri.

Setiap tahun jumlah pendaftar haji terus bertambah, sehingga daftar tunggu atau waiting list juga semakin lama. Di beberapa daerah seorang harus menunggu bahkan sampai puluhan tahun untuk bisa berangkat haji.

Sebenarnya pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama telah membuat beberapa kebijakan agar memberikan rasa keadilan kepada calon pendaftar. Misal, batasan 10 tahun bagi pendaftar yang sudah pernah berhaji, umur minimal pendaftar 12 tahun, serta penghapusan dana talangan haji dari bank.

Meski demikian karena kuota keberangkatan haji yang tersedia setiap tahun tidak sebanding dengan jumlah pendaftar, maka waiting list terus bertambah.

Aplikasi Haji Pintar Kemenag

Aplikasi Haji Pintar diluncurkan Kemenag sejak tahun 2015 lalu. Tahun 2020 ini merupakan tahun kelima Aplikasi Haji Pintar digunakan.

Menurut Kepala Subdirektorat Data dan Sistem Informasi Haji Terpadu Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Moh. Hasan Afandi pada tahun 2020 ini ada sejumlah penyempurnaan dan penambahan fitur.

Baca Juga : Tata Cara Mendaftar Haji Reguler di Kementerian Agama

Fitur Haji Pintar yang menarik antara lain informasi pelunasan dan pembatalan haji, serta informasi seputar umrah. Sehingga calon jemaah yang ingin membatalkan haji tinggal membuka aplikasi untuk mengetahui progresnya.

Aplikasi Haji Pintar juga memungkinkan calon jemaah haji melihat biaya pelunasan secara rinci serta status istito’ah kesehatan mereka.

Terdapat pula materi manasik haji yang sudah versi terbaru, serta informasi-informasi lainnya termasuk keuangan haji untuk setiap embarkasi.

Aplikasi ini juga memuat prosedur pendaftaran, pelunasan dan pelayanan haji.


Jemaah calon haji lansia


Cara Cek Travel Haji Berizin Resmi

Beberapa waktu lalu sempat marak terjadinya penipuan travel umrah dan haji khusus yang merugikan ribuan jemaah. Kini masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi haji pintar untuk mengecek daftar travel-travel yang memiliki izin resmi dari Kemenag untuk melayani ibadah umrah maupun haji khusus.

Daftar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang memiliki izin resmi dapat dilihat melalui aplikasi haji pintar.

Dengan demikian para calon pendaftar mendapatkan informasi yang jelas dan tidak lagi tertipu oleh travel haji dan umrah yang tidak berizin.

 
Baca Juga : Manasik Haji dan Persiapan Menuju Asrama Haji


Cara Menginstall Aplikasi Haji Pintar

APK Aplikasi Haji Pintar bisa didownload melalui Playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kemenag_haji_pintar_2019

Untuk Umrah Cerdas bisa melalui aplikasi Playstore :

https://play.google.com/store/apps/developer?id=DITJEN+PENYELENGGARAAN+HAJI+DAN+UMRAH+KEMENAG

Untuk cek nomor porsi haji atau perkiraan keberangkatan bisa melalui bisa juga melalui website : https://haji.kemenag.go.id/v4/

Silakan masukkan nomor porsi dan klik CARI.

Semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar