-->

Rahasia di Balik Lagu ‘Yogyakarta’ KLA Project Versi Katon Bagaskara

Lagu Yogyakarta yang dipopulerkan KLA Project cukup melegenda. Tetapi tidak banyak yang tahu jika awalnya lirik lagu ini sebelumnya ingin menceritakan kota-kota di luar negeri.

Menurut cerita Katon Bagaskara melalui akun Youtube Foodcourt Café Kampayo XT lirik lagu Yogyakarta selesai disusun hanya berselang satu atau dua hari sebelum mereka rekaman di studio.

kisah lagu yogyakarta


Lagu Yogyakarta semula diciptakan dari melodi. Awalnya sama sekali tidak ada maksud menciptakan lagu tentang Yogya. Personel KLA, Adi, memberikan notasi untuk lagu tersebut. Katon Bagaskara didapuk untuk menyusun lirik lagu.

Meski belum menentukan cerita apa yang akan dituangkan dalam lirik. Katon memiliki mood kalau lagu tersebut cocok untuk menceritakan sebuah perjalanan.

Ia kemudian teringat kota-kota di dunia yang pernah dikunjungi. Barcelona, Roma atau Paris.

Mereka merekam lagu di studio analog di bilangan Tomang Jakarta. Sebelum rekaman Katon menyusun lirik tersebut.

Baca Juga : 9 Falsafah Jawa Paling Terkenal, Ajaran Luhur Bangsa Indonesia

Ia kemudian teringat tentang kenangan masa kecilnya sewaktu berkunjung ke rumah Eyang di Jetis Jalan AM Sangaji menggugah ide untuk menyusun lirik.

Tetapi ia masih bingung dengan judul lagu tersebut. Karena dalam lirik tersebut tidak ada kata ‘Jogja’ atau ‘Yogyakarta’.

Kemudian ibunya mempertanyakan, mengapa kata tentang ‘Jogja’ tidak muncul. Kemudian ibunya memberi saran agar ada kata Jogja. Akhirnya lirik … suasana kota… diganti dengan … suasana jogja

Ibunya pun memberi saran lagu tersebut diberi judul Yogyakarta. [r]


Lihat Video

LihatTutupKomentar