-->

Taman Brajan, Memadukan Wisata Kerajinan dan Wisata Alam


Taman Brajan merupakan destinasi wisata baru di Kecamatan Minggir. Lokasinya di Dusun Brajan Sendangagung Minggir Sleman, sekitar satu kilometer selatan Kantor Camat Minggir. Desa Wisata Brajan telah lama dikenal dengan kerajinan bambunya. Kini warga sekitar berinisiatif untuk membuat taman dengan menonjolkan ciri khas bernuansa bambu.

Taman Brajan
Taman Brajan

Selain dipenuhi dengan properti dari Bambu, taman juga dilengkapi dengan aneka tanaman bunga berwarna-warni. Para pengunjung bebas untuk berfoto-foto dengan membayar tiket masuk Rp 5.000. Tersedia juga paket outbond.

Menurut pengelola Taman Brajan, H. Ngadikin, harga yang  ditawarkan untuk paket outbond berupa, paket anak-anak dan dewasa. “Tiket outbond untuk anak-anak Rp 35.000 peranak,  minimal peserta 25 anak. Untuk dewasa Rp 55.000, minimal peserta 25 orang,  mendapatkan fasilitas peralatan outbond,  snack dan makan siang,” tulis Ngadikin saat dihubungi Kabare Minggir.




Selain itu, ada pula paket untuk tinggal rumah warga, melihat pembuatan aneka kerajinan dari bambu serta menikmati suasana khas pedesaan yang masih asri. Paket live in banyak diminati oleh wisatawan dari kota.


Keunggulan lain dari Desa Wisata Brajan ialah lokasinya yang strategis. Tidak terlalu jauh dengan fasilitas umum seperti Bank, Pasar, Minimarket, dan Kantor Pemerintahan.

Jalur Menuju Desa Wisata dan Taman Brajan

Brajan memang telah lama dikenal sebagai sentra industri kerajinan bambu. Produknya telah menembus pasar lokal maupun internasional. Beberapa hasilnya berupa cup lampu, aneka wadah, taplak meja, peralatan dapur dan sebagainya.

Jika dari arah Terminal Jombor silakan ambil jalur ke Jalan Kebonagung, sampai dengan Lapangan Kebonagung lurus ke selatan. Di sebelah timur jalan akan ada gerbang menuju Desa Wisata Brajan.


Jika dari arah tugu Yogya, ambil arah ke barat, sekitar 14 kilometer arah Jalan Godean. Lurus sampai ketemu di sebelah kana Gerbang Desa Budaya Sendangmulyo. Ambil arah ke utara. [KM/03]

LihatTutupKomentar