Back To Top

Kabare Minggir – Beberapa hari ini beredar kabar Kecamatan Minggir akan menjadi satu di antara daerah yang dilalui Jogja Outer Ringroad (JORR). Rencana pembangunan JORR dimuat di media cetak maupun media online. Diperkirakan total JORR yang akan dibangun sepanjang 72,2 kilometer dengan lebar sekira 14 meter. Melewati tiga kabupaten yakni Bantul, Kulon Progo dan Sleman.

Jogja Outer Ring-Road (JORR) - ilustrasi


Tri Handayani Staf Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan DPUP-ESDM DIY, sebagaimana dilansir www.solopos.com, “Tahun 2018 kami targetkan dokumen uji kelayakan dan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) bisa selesai, sehingga 2019 proyek bisa dilaksanakan,”ujarnya.


JORR sendiri diharapkan mampu mengurangi kepadatan kendaraan yang masuk ke Kota Yogyakarta. Nantinya, untuk kendaraan tujuan kota-kota sekitar Yogyakarta, tidak harus masuk ke kota. Misal kendaraan dari Purworejo tujuan Surakarta, maka cukup melalui JORR, tidak masuk ke Ringroad.

Pemda DIY dikabarkan telah mengajukan pembangunan JORR ini sejak 2004 silam. Saat ini sedang dikaji untuk pembangunan JORR, dari kabar yang beredar, JORR akan melewati Sentolo – Nanggulan – Kalibawang - Minggir (Sendangagung dan Sendangsari) – Tempel – Turi – Pakem – Cangkringan – Ngemplak – Kalasan - Prambanan – Piyungan – dan wilayah Bantul.


Meski demikian, posisi Sleman Barat sebagai salah satu lumbung pangan dikhawatirkan akan terganggu dan berubah fungsi menjadi area pemukiman jika JORR dibangun. Belum lagi melihat rencana JORR yang melewati beberapa situs bersejarah berupa selokan Van Der Wijk dan Buk Renteng. [KM/03]

0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca