-->

DWP Kemenag DIY Ikuti Pengajian Isra’ Mi’raj yang Digelar Kemenag RI

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti pengajian isra’ mi’raj yang digelar oleh Kemenag RI, Jumat (19/3). Kegiatan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom. Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab yang mengangkat tema moderasi dalam beragama.

 

DWP Kemenag DIY Ikuti Pengajian Isra’ Mi’raj yang Digelar Kemenag RI

Dalam laporannya Farikhah Nizar Ali selaku Ketua DWP Kemenag RI menyampaikan kegiatan tersebut setidaknya diikuti 569 peserta dari berbagai unsur pelaksana DWP Kanwil, PTKIN, Kantor Kabupaten/Kota, dan UPT Asrama Haji. Menurut Farikhah, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. “Selain memiliki nilai historis, isra’ mi’raj juga mengandung nilai spiritual sehingga umat Islam bisa meneladani perilaku Rasulullah SAW. Melalui peringatan ini diharapkan mampu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.,” ungkapnya.

 

DWP Kemenag DIY Ikuti Pengajian Isra’ Mi’raj yang Digelar Kemenag RI

Sedangkan Penasihat DWP Kemenag RI, Eny Yaqut Cholil Qoumas menerangkan Isra Mi’raj merupakan peristiwa penting. Sebuah perjalanan spiritual dan intelektual. “Isra’ mi’raj mengandung pelajaran-pelajaran yang sarat makna. Ini merupakan momentum ketika Rasulullah mendapat perintah ibadah shalat lima waktu, sebagai pondasi memperbaiki akhlak,” terang Eny.

Baca Juga : Cek Keberangkatan Haji dengan Aplikasi Haji Pintar

Dalam pemaparannya Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab mengungkapkan akar kekeliruan dalam menjalankan toleransi di antaranya karena kebingungan dalam memaknai tiga istilah dalam beragama yakni agama, ilmu agama dan beragama. Menurutnya, agama merupakan ajaran yang sudah sempurna tidak perlu ditambah-tambah lagi. Ilmu Agama merupakan hal yang lahir dari pemahaman ajaran agama.

“Sedangkan beragama merupakan praktik seseorang menyangkut agama dan ilmu agama. Shalat itu agama, penjelasan tentang shalat merupakan ilmu agama yang berpotensi melahirkan perbedaan pendapat,” terang Quraish Shihab. Ia pun berpesan agar dalam beragama bisa memilih dengan selera dan nalar, tanpa perlu menyalahkan orang lain.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DWP Kanwil Kemenag DIY, Hj. Sunarti Edhi Gunawan, didampingi Atick Sudaryati Wahib Jamil serta jajaran pimpinan DWP lain mengikuti secara daring di Ruang Rapat PTSP. Selain pengajian juga digelar pertemuan rutin pengurus, dan acara jumat berkah. [eko]

 

LihatTutupKomentar