-->

Kepala MIM Kenteng Kulon Progo Juara III Lomba Menulis Kompetisi Literasi Nasional

Kulon Progo  – “Berkarakter, Berprestasi, Berbudaya” merupakan jargon yang dijadikan sebagai pendongkrak semangat peserta didik maupun pendidik di MI Muhammadiyah Kenteng. Dalam bidang prestasi bukan hanya fokus pada peserta didiknya, namun guru dan juga Kepala Madrasahnya juga harus berprestasi supaya terciptanya sinergi yang bagus.

Juara Lomba Menulis

Tanggal 8 September 2020 diperingati sebagai Hari Aksara Internasional, dalam kesempatan ini Departemen Jaringan Sekolah Indonesia (JSI) – Dompet Dhuafa Pendidikan menyelenggarakan Kompetisi Literasi Nasional. AKSARA. Kepala Madrasah MI Muhammadiyah Kenteng Rujito, S.Pd.I., M.Pd berhasil meraih juara III Lomba Menulis kategori Kepala Sekolah/Madrasah.


Juara Lomba Menulis

Adapun ketentuan umum berkaitan dengan lomba ini setiap peserta wajib mendaftar secara online pada link http://link.ee/Aksara2020. Tema tulisan yang dilombakan adalah “Praktik Baik Literasi di Sekolah/Madrasah” yang dikirim melalui email sekolahliterasi.id@gmail.com. Timeline kompetisi ini dimulai dari tahap pengumpulan karya, penilaian dan pengumuman dimulai tanggal 1 sampai 14 September 2020.


Kepala Madrasah Rujito,S.Pd.I,M.Pd menyebutkan bahwa “Prestasi yang berhasil diraih ini merupakan prestasi madrasah juga, bukan hanya untuk diri pribadi saya. Tulisan dengan jumlah kata 1.054 kata dalam 6 lembar yang ditulis kami beri judul Bahagia Berlanjut Berbagi Literasi Kami. Alhamdulillah dampak positif dari adanya program SLI di madrasah banyak kami rasakan, terutama dalam hal kepenulisan,” Jelas beliau di Kantor MIM Kenteng Selasa (15/09/2020)

Baca Juga : MIN 2 Kulon Progo Ikuti Audiensi Evaluasi Program Sekolah Literasi Indonesia

“Program pendampingan yang diberikan oleh KAWAN SLI berjalan selama 2 semester, penerima manfaat program SLI semester pertama yaitu dimulai pada awal November 2019 – awal Mei 2020, dengan pembekalan materi berupa pelatihan, lokakarya (workshop), penugasan, dan pendampingan serta umpan balik atau feedback dari Kawan SLI “Imbuhnya.


Semangat dalam kepenulisan ini kami tularkan kepada semua guru dan karyawan untuk sedikit demi sedikit belajar menulis di website madrasah sendiri. Selain itu guru kami yang tergabung di kelompok Jurnalis Madrasah Kulon Progo juga menjembatani para guru-guru kami untuk menulis artikel online di website Kementrian Agama Kulon Progo, website Kanwil Kementrian Agama DIY, website Suara Muhammadiyah, website Dompet Dhuafa Pendidikan, website Sekolah Literasi Indonesia Kulon Progo, website znews.id, website makmal pendidikan.id dan lain sebagainya.


“Kami berharap semoga ghirah literasi bagi keluarga besar MI Muhammadiyah Kenteng baik guru, karyawan, siswa, wali siswa, komite dapat tetap istiqomah. Sehingga apa yang menjadi visi dan misi sekolah dapat terwujud, selain itu kami dapat mencetak generasi penerus bangsa yang aktif, produkti, kompetitif dan religius dapat mengikuti perkembangan di zaman milenial saat ini,” pungkasnya. 


LihatTutupKomentar