-->

Cara Merawat Rambut Kering Agar Sehat dan Indah

Anda memiliki rambut kering? Jangan khawatir. Dengan menerapkan cara perawatan rambut kering dengan tepat, rambut Anda akan tetap sehat dan bagus. Memiliki rambut yang sehat dan indah merupakan dambaan banyak orang. Karena rambut sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Bahkan, rambut sering disebut sebagai mahkota. Maka merawat dan menjaga kesehatan rambut merupakan kebutuhan yang penting.

cara merawat rambut kering
pixabay.com

Meski demikian, banyak problem yang sering terjadi dalam perawatan rambut. Seperti kondisi rambut yang kering dan membuatnya cenderung mengembang. Secara estetik tentu menjadi kurang indah untuk dilihat. Beberapa orang mencoba mengatasinya dengan memakai kondisioner maupun melakukan perawatan secara tradisional dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. 


Menurut penelitian pertumbuhan rambut setiap bulan sekitar 1,2 cm atau dalam setahun rata-rata 12 cm. Terdapat sejumlah faktor yang memengaruhinya seperti usia, faktor genetic, kesehatan rambut, kesehatan badan juga jenis kelamin. Pertumbuhan rambut pada lelaki diketahui lebih cepat ketimbang rambut pada perempuan.


Seiring bertambahnya usia, pertumbuhan rambut akan mengalami perlambatan. Pada rentang umur 15-30 tahun rambut masih bisa tumbuh dengan baik. Tetapi kemudian akan cenderung mengalami penurunan, bahkan terjadi penipisan atau kebotakan. Karena jumlah rambut yang rontok lebih banyak, sementara rambut yang tumbuh lebih sedikit. Untuk itu, dibutuhkan perawatan dengan mencukupi nutrisi rambut agar membantu pertumbuhan.


Fase Pertumbuhan Rambut

Rambut terdiri dari dua bagian yakni akar dan batang. Akar merupakan bagian yang terletak di bawah jaringan kulit kepala, sedangkan batang berada di atasnya. Batang rambut tersusun dari selaput kulit ari (cuticula) yang berfungsi memberi perlindungan terhadap rambut, serta menentukan daya serap rambut terhadap zat cair yang mengenai rambut seperti shampoo, conditioner, pewarna rambut dan sebagainya.


Pada bagian bawah selaput kulit ari terdapat kulit ari rambut (cortex) ini merupakan bagian terbesar yang ada pada rambut. Mengandung zat warna (pigmen) sehingga menentukan warna dominan rambut. Cortex juga mempengaruhi tingkat elastisitas rambut.

 

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Kebotakan Rambut


Pada bagian terdalam rambut terdapat sum-sum rambut (medulla) yang berada di tengah. Merupakan bagian penting yang menghasilkan sel untuk pertumbuhan rambut, pigmentasi dan memproduksi keratin. 


Secara umum pertumbuhan rambut dibagi dalam tiga kategori yakni anagen (pertumbuhan), katagen (berhenti tumbuh) dan telogen (istirahat). Setiap fase memiliki jangka waktu berbeda-beda. Fase pertumbuhan bisa mencapai 2-8 tahun. Sedangkan katagen berlangsung 4-6 pekan, dan kemudian akan mengalami fase istirahat yang di antaranya ditandai dengan kerontokan 2-3 bulan.


Memberi Nutrisi Pada Rambut

Seperti halnya tubuh manusia, untuk bisa tumbuh dengan sehat rambut memerlukan nutrisi serta vitamin. Beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan antara lain zinc, omega 3, omega 6 dan biotin. Sedangkan vitamin yang dapat mendukung pertumbuhan rambut adalah Vitamin C, Vitamin D dan Vitamin B5.


Omega 3 dan Omega 6 berfungsi baik dalam menjaga kepadatan rambut dan mengurangi kerontokan. Sedangkan Vitamin C dan D juga diyakini bisa membantu mengurangi kerontokan rambut. Sehingga dengan memberikan sumber nutrisi dan vitamin tersebut, akan membuat rambut lebih sehat dan bagus.


Penggunaan minyak esensial yang berasal dari ekstraksi bahan tumbuh-tumbuhan atau minyak atsiri juga bisa menjaga kesehatan ambut. Namun dalam penggunaan sebaiknya dicampur dengan carrier oil lain seperti mintak kelapa atau minyak bunga matahari untuk mencegah iritasi pada kulit kepala.


Selain itu perawatan rambut bisa dilakukan dengan menggunakan protein rambut, mengonsumsi suplemen yang mengandung keratin maupun pemakaian obat oleh yang bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. Perlakuan pada masing-masing individu mungkin berbeda-beda sehingga sangat perlu melakukan konsultasi kepada ahlinya.


Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering disebabkan oleh beberapa faktor baik internal seperti kurangnya nutrisi pada rambut maupun faktor eksternal semisal perlakuan yang keliru dalam perawatan rambut. Terlalu sering mencuci rambut, penggunaan shampo yang tidak sesuai maupun penggunaan alat styling rambut yang berlebihan dapat membuat rambut menjadi kering.


Berikut beberapa cara untuk mengatasi rambut kering:

Pertama, hindari mencuci rambut terlalu sering. Meski bertujuan baik untuk menjaga kebersihan rambut dan kepala tetapi proses mencuci rambut yang berlebihan akan membuat rambut kehilangan minyak alami dan warna rambut memudar.


Kedua, gunakan rambut berbahan ringan dengan sedikit deterjen dan alkohol. Karena kedua zat tersebut justru akan membuat rambut menjadi lebih kering.


Ketiga, menggunakan conditioner rambut. Penggunaan conditioner yang tepat setelah mencuci rambut akan membuat kelembapan rambut tetap terjaga. 


Keempat, mengonsumsi makanan yang sehat. Nutrisi rambut juga berasal dari dalam tubuh sehingga dengan mengonsumsi makanan seperti sayuran dan sumber nutrisi lainnya akan membantu rambut tumbuh sehat. Sayuran seperti bayam dan lauk dari ikan berfungsi bagus dalam menjaga kesehata rambut.


Kelima, meminimalkan penggunaan alat styling rambut. Pemakaian pengering, pengeriting, atau catokan yang berlebihan akan merusak rambut. Aliran panas yang berasal dari peralatan tersebut dapat mempengaruhi struktur rambut, dan membuat rambut menjadi kering.


Dengan perawatan dari luar dan dalam, maka rambut akan bisa tumbuh sehat, indah dan terhindar dari rambut kering. [e]


LihatTutupKomentar