-->

Dalam Sepekan, Aksi Kejahatan Terjadi Beberapa Kali di Seputar Minggir


Beberapa kasus kejahatan terjadi di sekitar Minggir dalam sepekan terakhir. Seperti ramai beredar kabar melalui pesan Whatsapp.

Pertama terjadi di Plembon Sendangsari Minggir, dompet dan kunci yang ditinggal pemiliknya di sepeda motor diambil orang tidak dikenal. Saat itu pemilik sedang di sawah dan sepeda motor di parkir di pinggir jalan.

Dalam Sepekan, Aksi Kejahatan Terjadi Beberapa Kali di Seputar Minggir


Menurut keterangan, saat itu pelaku laki-laki mengendarai sepeda motor Vixion datang menghampiri sepeda motor korban dan mengambil barang berupa dompet berisi sejumlah uang dan kunci rumah serta sepeda motor. Sehingga korban terpaksa menuntun sepeda motornya sampai rumah.

Kedua, kasus pencurian menimpa took grosir di Klepu Sendangmulyo. Toko yang terletak persis di selatan Jalan Godean – Kenteng tersebut menjadi korban pencurian dengan modus masuk lewat atap rumah. Para pelaku masuk menggunakan tangga. Akibatnya korban mengalami kerugian sejumlah rokok dan barang-barang lainnya.


Sementara itu, orang tak dikenal juga sempat membuat resah di kawasan Gedongan. Di antaranya warga melihat pengendara sepeda motor Scoopy mengendarai motor sambil membawa senjata tajam.

Sedangkan di depan Purnama Gedongan, seorang yang sedang duduk di depan Toserba Purnama didatangi orang tak dikenal (OTK) yang turun dari mobil dan pura-pura meminjam korek api.

Setelah dipinjami ternyata pelaku mengancam korban sehingga korban sempat lari menjauh. Karena pelaku tidak sendirian tetapi bersama kawannya di dalam mobil sambil berteriak-teriak.

Sedangkan di Dekso Kulon Progo, dikabarkan pelaku kejahatan sempat mencoba membobol sebuah Bank, namun gagal.

Meningkatkan Keamanan dan Saling Peduli

Kejadian-kejadian tersebut setidaknya membuat kita harus lebih waspada. Selain meningkatkan keamanan di lingkungan sekitar juga perlu mempertimbangkan ketika hendak keluar malam.

Beberapa netizen di media sosial memberikan saran untuk meningkatkan keamaan. Antara lain:

Mengaktifkan kembali ronda di kampung-kampung

Mengurangi keluar malam di jalanan apabila tidak ada urusan yang penting, dan selalu meningkatkan kewaspadaan.

Memasang CCTV dan alarm di rumah.


Memasang sistem sirine sederhana yang bisa diaktifkan dengan remote dari jarak jauh.

Lebih empati dan tidak cuek jika ada tamu atau orang asing berkunjung ke rumah tetangga, sehingga bisa saling memantau.

Kondisis sosial ekonomi yang sulit di tengah wabah Corona membuat seseorang bisa berbuat apa saja sekadar mempertahankan hidup dan mencari sesuap nasi. Untuk itu masyarakat harus lebih waspada dan saling peduli. [KM/02]

LihatTutupKomentar