-->

Mudahnya Menanam Pohon Kelor yang Kaya Nutrisi Bermanfaat


Kelor merupakan tanaman yang dipercaya memiliki khasiat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Sehingga saat wabah Corona seperti sekarang ini, para pengusaha Wedang Kelor di Blora mengaku kebanjiran pesanan.

Mudahnya Menanam Pohon Kelor yang Kaya Nutrisi Bermanfaat
pixabay.com

Para ahli mengungkapkan Daun Kelor memang memiliki beragam vitamin di antaranya Vitami A, B1, B2, B3, B6 dan Vitamin C. Selain itu daun kelor juga memiliki kandungan polifenol yang dipercaya mampu mengurangi resiko kanker.

Nutrisi penting lainnya berupa kalsium, zat besi, kalium, fostor, magnesium, seng dan rendah kalori. Daun Kelor juga bersifat antioksidan yang mampu menjaga tubuh dari radikal bebas.
Asam amino dalam Daun Kelor bermanfaat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidak gampang timbul stress. Sedangkan kadungan zat hiocarbamate glikosida dan nitrile mampu mengurangi tekanan darah dalam tubuh.

Daun Kelor Anti Bakteri

Selain beragam nutrisi yang sudah disebutkan di atas, Kelo mempunyai sifat antibakteri sehingga dapat menghambat perkembangan mikro organism yang berbayaha bagi tubuh. Kandungan insulin alaminya bisa mengatasi diabetes.

Baca Juga : NTT Sukses Ekspor Daun Kelor ke Jepang

Jika dikonesumsi secara rutin, Daun Kelor dapat mencegah penyakit gula,mengurangi gula dalam darah sehingga lebih stabil. Serta mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Dengan beragam manfaat tersebut, tidak heran jika Daun Kelor saat ini banyak dijadikan bahan makanan maupun minuman untuk dikonsumsi.

Manfaat Daun Kelor Bagi Masyarakat Zaman Dulu

Masyarakat zaman dahulu memanfaatkan daun kelor untuk beragam keperluan. Meskipun mungkin belum tahu kandungan nutrisi di dalamnya, tetapi secara alamiah mampu memanfaatkan daun kelor dengan tepat.

Misal, Daun Kelor digunakan untuk menutup bagian tubuh yang luka. Dengan cara Daun Kelor dikunyah kemudian ditempelkan. Kini terbukti Daun Kelor memang bermanfaat sebagai zat anti bakteri.

Baca Juga : Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Minuman Segar Kaya Manfaat

Selain itu, Daun Kelor juga dianggap sebagai daun yang memiliki kekuatan magis. Misalkan digunakan untuk menyebuhkan ayam yang sudah sekarat. Hewan ini akan ditaruh di satu tempat kemudian ditutupi Daun Kelor.

Masyarakat percaya jika cara ini bisa membantu ayam untuk sehat kembali. Dan beberapa kejadian membuktikan hal tersebut, karena ayam bisa kembali sehat. Tentu ini perlu dikaji secara ilmiah.

Daun Kelor Mudah Tumbuh

Untuk menanam Kelor cukup muda. Karena dengan menancapkan batang kelor yang sudah tua, seperti menancapkan tanaman singkong, maka Kelor akan tumbuh.

Pertumbuhannya pun tidak memerlukan perawatan khusus, karena jarang terlihat hama yang menyerang tanaman ini. Maka perlu dicoba untuk menanam Kelor di pekarangan rumah. Sebagai bahan makanan untuk disayur maupun dibuat minuman. [KM/02]

LihatTutupKomentar