-->

Adsensecamp Tutup, PPC Lokal Kian Terbatas


Era pay per click (PPC) seperti sedang berada di senjakala. Apalagi PPC lokas berbasis website atau blogger. Karena animo di dunia blogging tampaknya kian surut. Para peramu konten kini beralih ke media berbagi video semacam Youtube, dan sejenisnya.

adsensecamp tutup
adsensecamp tutup

Salah satu penyedia PPC lokal yang menyatakan diri tutup adalah adsencamp. Bagi para blogger tahun 2000-an, PPC yang berbasis di Daerah Istimewa Yogyakarta ini cukup dikenal.

Selain pendaftaran yang mudah, bahkan untuk blog dengan pengunjung minim, adsencamp juga menawarkan minimal pay out yang rendah, Rp 10 ribu! Jika sudah mencukupi anda bisa menarik uang. Maka tidak heran jika adsencamp menjadi pilihan alternative ketika gagal mendaftar google adsense.

Adsensecamp Tutup 2019

Melalu laman resmi mereka, adsensecamp.com, mereka mnyatakan diri pamit dan menutup layanan PPC yang sudak berusia 11 tahun. Adsensecamp mulai dibuka pada 2008 dan resmi tutup 17 Juni 2019.


Dalam rilisnya adsensecamp menyatakan menutup seluruh layanan dan timan akan memprioritaskan pekerjaan pada layanan yang lebih baik lagi, ungkap mereka. Tetapi kita tidak tahu apakah ini sekedar kalimat retoris belaka atau bukan.

Mengingat dunia blogging kini telah berubah. Selain lebih suka menonton Youtube, netizen kini punya kebiasaan membaca pesan dari grup, sehingga tidak lagi merujuk pada situs aslinya melainkan hanya baca dari Whatsapp karen dianggap lebih cepat dan praktis.

Tutupnya adsensecamp tampaknya tidak disadari semua blogger, karena masih ada blogger yang mengulas tentang adsensecamp. Dulu adsensecamp dikenal sebagai PPC lokal yang cukup menjanjikan, karena per kli bisa dihargai sampai Rp300 tidak kalah dengan google adsense.


Hanya saja iklan di adsensecamp sangat terbatas dan monoton, sehingga tidak begitu menatik bagi pengunjung blog.

Meski demikian bagi para blogger, ini tentu bukan kabar buruk yang lantas meruntuhkan semangan untuk ngeblog, karena masih banyak jalan untuk mendulang rizki melalui blog. Misalnya dengan sistem affiliasi, menjualkan barang orang lain. Atau mengikuti program join venture (JV) dengan pemilik akun google adsense.

Selamat jalan Adsensecamp. Riwayatmu akan kami kenang. Salam!

LihatTutupKomentar