-->

Enam Langkah Cara Cuci Tangan dengan Benar Gunakan Sabun


Merebaknya virus corona, membuat Dinas Kesehatan DIY mengajak agar masyarakat menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan guna menjaga kesehatan.



Di antaranyan dengan mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun. Mencuci tangan merupakan hal yang selama ini dilakukan setiap hari. Meskipun demikian terkadang hanya dilakukan dengan sekenanya saja. Belum dilakukan dengan baik dan benar?


Dinas Kesehatan DIY mengajak agar masyarakat mulai melakukan cuci tangan dengan baik dan benar. Sebagai “agent of change” hendaknya kita mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Manfaat Mencuci Tangan

Berikut merupakan manfaat dari mencuci tangan dengan baik dan benar:
1.     Mampu membunuh kuman penyakit yang ada di tangan.
2.     Dapat mencegah penularan penyakit seperti diare, disentri, kolera, typhus, kecacingan.
3.     Dapat terhindar dari penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), flu burung, SARS, Middie East Respiratory.
4.     Dapat terhindar dari Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV).
5.     Dengan tangan menjadi bersih dan penampilan lebih menarik.

Waktu Tepat Mencuci Tangan

Lalu kapan saat yang tepat untuk mencuci tangan? Sebenarnya tidak susah untuk dilakukan, namun sering kali kita abaikan.
1.     Setiap kali tangan kita kotor misal sesudah : memegang uang, menyentuh atau memegang hewan, berkebun, bermain tanah dan sebagainya.
2.     Setelah buang air besar (BAB) karena sangat dimungkinkan ada bakteri yang menempel.
3.     Setelah menceboki bayi atau anak yang buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK) karena dimungkinkan ada bakteri yang menempel.
4.     Sebelum makan dan menyuapi anak
5.     Sebelum memegang makanan
6.     Sebelum menyusui bayi bagi ibu-ibu



Enam Langkah Cara Cuci Tangan yang Baik

Lalu seperti apa cara cuci tangan yang benar, agar bisa mencegah penularan penyakit seperti yang disebabkan virus Corona?. Berikut langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar:

1.     Telapak Tangan, pertama, gunakan sabun dan ditaruh di telapak tangan. Basahi tangan dan gosokkan telapak tangan yang sudah diberi sabun.
2.     Telapak Punggung Tangan, menggosok juga punggung tangan bagian kanan dan kiri. Pastikan seluruh permukaan terkena sabun.
3.     Sela-sela Jari, menggosokkan sabun ke sela-sela jari. Sebab dimungkinkan sela-sela jari menjadi tempat menempel kuman.
4.     Punggung Tangan, membersihkan juga punggung tangan dengan gerakan saling mengunci.
5.     Bagian Jempol, bersihkanlah jempol bagian kanan serta bagian kiri secara bergantian dengan menggerakannya memutar. Karena jempol menjadi salah satu bagian jari tangan yang paling aktif beraktivitas dan sangat mungkin kuman menempel di sana.
6.     Ujung Jari, membersihkan bagian ujung jari dengan gerakan menguncup. Tujuannya untuk membebaskan kuku dari kuman-kuman.

Itulah enam langkah cara mencuci tangan dengan baik. Meskipun terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi  masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya cuci tangan yang baik dan benar dengan sabun. Untuk itu, mari membiasakan diri untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. [KM/03 | dinkes DIY]

LihatTutupKomentar