-->

Sering Lihat Kode PKS di Pesawat? Ini Penjelasan TNI AU


Kabare Minggir - Seringkali ketika ada tayangan di televisi kita melihat tulisan PKS di sayap atau badan pesawat. Nah ada yang menyangka itu nama sebuah partai. Tapi ternyata kode PKS merupakan kode internasional untuk pesawat sipil di Indonesia.



Menurut keterangan resmi TNI Angkatan Udara sebagaimana ditwitkan oleh akun twitter @_TNIAU menjelaskan kode PKS sebetulnya terdiri dari dua kode yakni PK merupakan kode registrasi untuk pesawat sipil Indonesia yang ditetapkan oleh ICAO atau The International Civil Aviation Organization. ICAO adalah otoritas internasional yang mengatur penerbangan sipil di seluruh dunia. ICAO bermarkas di Montreal Kanada.


Sedangkan huruf ‘S’ berarti sport atau olah raga, yang berada di bawah naungan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Untuk pesawat militer milik TNI AU, kode-kode yang digunakan ialah sesuai fungsi pesawat misal: H untuk Helikopter, TS untuk Tempur Strategis, L untuk pesawat Latih, A untuk pesawat Angkut, TT untuk pesawat Tempur Teknis dan lainnya. Misalnya untuk pesawat F16 diberi koder di antaranya TS-1623 dan seterusnya.

Kode Pesawat Sipil Indonesia

Kode pada badan pesawat terdiri dari kode kebangsaan dan kode pendaftaran. Untuk kode kebangsaan, Indonesia menggunakan kode PK. Sedangkan untuk kode pendaftaran adalah sesuai dengan registrasi pesawat. Misal kode PK-GSI merupakan kode untuk pesawat Garuda Indonesia. [KM/03]

LihatTutupKomentar