-->

Nama Asli Jembatan Ngapak dan Tradisi ‘Padu’ Antar Warga


Jembatan Ngapak merupakan jembatan yang membentang di atas Sungai Progo menghubungkan Kabupaten Sleman (Minggir – Moyudan) dengan Kulon Progo (Nanggulan). Menurut catatan, jembatan ini dibangun sejak 1985 dan baru rampung pada 1988.



Sebelum dibangun Jembatan, untuk menyeberangi Sungai Progo, masyarakat memanfaatkan gethek atau perahu yang terbuat dari bambu yang disusun. Sehingga keberadaan Jembatan Ngapak sangat berguna dan memperlancar aktifitas warga kedua Kabupaten.

Kenapa dinamakan jembatan Ngapak? Jika ditelisik biasanya nama jembatan disesuaikan dengan tempat atau lokasi berdiri. Tetapi tahukah Anda nama asli yang tertera pada plakat jembatan? Ternyata Namanya bukan Jembatan Ngapak melainkan Jembatan Kebonagung! Maka tidak heran ada yang menyebutnya Jembatan Kebonagung 1, sedangkan Jembatan Kebonagung 2 adalah sebutan untuk Jembatan Kreo yang menghubungkan Kebonagung dengan Dekso Kulon Progo.


Kenapa dinamakan Jembatan Kebonagung, padahal letak jembatan Ngapak jauh dari Kebonagung. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, awalnya jembatan Ngapak rencana dibangun di Kreo Kebonagung, tetapi entah karena lobi-lobi pihak tertentu, letak pembangunannya diubah. Cerita yang berkembang ini masih perlu diteliti lagi, tetapi terdapat alasan yang cukup masuk akal dengan melihat nama Jembatan Ngapak, yang sebetulnya bernama Jembatan Kebonagung.

Tradisi Padu di Jembatan Ngapak

Sebelum dibangun Jembatan Ngapak terdapat tradisi unik warga di sekitar Jembatan, antara warga Wetan Progo dan Kulon Progo mengadakan tradisi padu. Atau saling berteriak layaknya orang marah. Tradisi ini biasa dilakukan setiap tanggal 21 Ramadhan atau dikenal dengan sebutan selikuran.

Tradisi ini berhenti sejak dibangun Jembatan Ngapak. Kini meski berusia puluhan tahun, Jembatan Ngapak tetap kokoh berdiri menghubungkan Sleman dan Kulon Progo. Selain Jembatan Ngapak terdapat beberapa Jembatan yang menghubungkan Wetan Progo dengan Kulon Progo yakni, Jembatan Srandakan di Bantul, Jembatan Bantar, Jembatan Kebonagung 2, Jembatan Duwet dan Jembatan di Bendung Kamijoro yang sedang ngehit. [KM/03]

LihatTutupKomentar