-->

Keren, Foto Jembatan Kereta Api di atas Sungai Progo Dilihat dari Angkasa


Moyudan – Jembatan Kereta Api yang melintang di atas Sungai Progo ini sering disebut Jembatan Mbeling. Letaknya di perbatasan tiga Kecamatan di tiga Kabupaten, yakni Sedayu Bantul, Moyudan Sleman dan Sentolo Kulon Progo di bagian barat.

Untuk mencapai Jembatan Mbeling Anda bisa menempuh jalur dari Tugu Yogya ke barat, menyusuri Jalan Godean sampai dengan perempatan Gedongan, ambil arah ke kiri atau ke Selatan sekira 3-4 km, sampai melintasi rel kereta api. Anda juga bisa menempuh jalur selatan melalui Jalan Wates, Wirobrajan ke barat sekitar 7 km. Sampai pertigaan Klangon, ambil arah ke kanan.

Jembatan Mbeling (foto oleh @maleostory)

Menurut Wikipedia Jembatan Progo atau lebih dikenal dengan sebutan Jembatan Mbeling ini dibangun oleh perusahan kolonial Belanda Staatsspoorwegen (SS) pada 1886. Pembangunannya disempurnakan pada 1930. Kemudian dibangun ulang oleh Djawatan Kereta Api (DKA) Republik Indonesia pada 1957.

Jembatan Kereta Api di Sentolo Kulon Progo (foto oleh @maleostory)

Memiliki panjang 96 meter, konon konstruksi jembatan ini hanya ada dua di dunia. Tampil kokoh meski tanpa tiang penyangga di bawahnya. Terbuat dari baja yang kuat dengan titik tumpu sistem roll. Keunikan yang dimiliki jembatan ini membuat banyak orang ingin melihat dari dekat. Cocok bagi yang suka gowes dengan sepeda menyusuri suasana desa.


Belum lama ini, foto-foto Jembatan Mbeling yang diambil dari angkasa sempat menyebar di dunia maya dan menarik para netizen. Foto tersebut diunggah oleh akun @maleostory dan menyebar melalui twitter. Bagi yang penasaran bisa langsung berkunjung ke Jembatan Mbeling. Jangan lupa utamakan keselamatan. Ayo Piknik!  [KM/3]
LihatTutupKomentar