-->

3 Situs Tempat Belajar Menulis yang Lengkap dan Mudah Dipahami

Kabare Minggir - Kang Mas - Mbak Yu, kemampuan menulis merupakan modal penting terutama bagi mereka yang meneruskan pendidikan hingga perguruan tinggi. Karena hampir setiap mata kuliah terdapat tugas untuk membuat makalah dana paper. Apalagi jika syarat kelulusan harus menggunakan skripsi atau tesis maka kemampuan menulis wajib dikuasai.

www.pixabay.com

Sebenarnya sejak dari tingkat pendidikan dasar, murid sudah dilatih untuk menulis. Tetapi terkadang karena tidak secara konsisten diajarkan sehingga menulis terasa sulit. Bukan hanya untuk murid, untuk guru sekalipun terkadang merasa kesusahan. Hal itu bukan tanpa sebab, karena sejatinya menulis hanyalah muara. Hulunya berupa kesukaan untuk membaca, jika banyak membaca maka akan memiliki modal untuk menulis. Sayangnya tingkat kemauan membaca di negeri kita rendah.

Sekarang kemampuan menulis bisa dilatih, dan dengan terbukanya arus informasi melalui internet, kini Kang Mas - Mbak Yu bisa belajar secara online melalui beberapa situs yang mengulas tentang belajar menulis. Berikut beberapa situs yang bisa dijadikan rujukan.

1. Golagong.Wordpress.Com

Dari namanya sudah kelihatan bahwa ini merupakan blog yang dikelola Gol A Gong, penulis buku Balada Si Roy yang terkenal itu. Uniknya situs ini adalah dikelola oleh penulisa yang sudah punya nama dan terkenal. Bukan hanya sebagai penulis, ia juga pengelola Taman Bacaan Masyarakat Rumah Dunia, sekaligus menjabat Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia.

Banyak tips dan triks menulis yang dibagikan Gol A Gong. Disuguhkan dengan bahasa dalam blognya yang cari dan mengalir. Terdapat pula info-info menarik seputar dunia kepenulisan dan resensi buku-buku. Silakan berkunjung langsung ke golagong.wordpress.com


2. Jadipenulis.co.id

Situs ini sangat variatif, karena pembaca tidak hanya disuguhi trik dan tips menulis tetapi sampai editorial dan penerbitan! Banyak tulisan M. Iqbal Dawami di situs ini. Ia bercerita tentang seluk-beluk dunia kepenulisan. Bahkan hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh kita dihadirkan oleh Iqbal Dawami. 

Cocok bagi Anda yang ingin membuat tulisan sampai penerbitan dalam bentuk buku. Para guru bisa berkolaborasi membuat antologi bersama. Kemudian diterbitkan secara mandiri sehingga tidak lagi tergantung kepada penerbit besar, yang harus seleksi dengan ketat dan menunggu dalam waktu lama. Silakan kunjungi situsnya Jadipenulis

Baca Juga : Citizen Jurnalis, Melatih Masyarakat Berdaya Kritis

3. flp.or.id

Forum Lingkar Pena (FLP) merupakan organisasi penulis terbesar yang ada di Indonesia. Awalnya dibentuk oleh kakak beradik Helvy Tiana Rosa dan Asma Nadia. Keanggotaannya tidak hanya di Indonesia bahkan sampai ke Hong Kong. Hebatnya FLP berhasil mencetak para penulis-penulis berkualitas dengan beragam latar belakang sosial-ekonomi bahkan beberapa tenaga kerja wanita (TKW) pun berhasil menjadi penulis!

Anda bisa mencoba melihat beragam kegiatan kepenulisan yang digelar FLP serta menyimak karya-karya mereka. Sehingga berminat untuk menulis. FLP juga membuka pendaftaran untuk masyarakat yang ingin belajar menulis. Silakan bisa kunjungi situs mereke. FLP

Demikian tiga situs yang bisa menjadi tempat belajar menulis dan mudah dipahami. Semoga bermanfaat. 
LihatTutupKomentar