-->

Kepala Kemenag Kota Yogyakarta Tegaskan Hasil Rakernas Sebagai Haluan Tugas Setahun Mendatang

KabareMinggir -  “Semua pimpinan saya minta proaktif mengikuti kegiatan (Rakernas) sampai selesai, karena hasil raker sebagai haluan untuk menjalankan tugas setahun kedepan,” demikian ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, H. Nadhif, S.Ag. M.S.I. disela mengikuti Rakernas Kementerian Agama RI secara virtual, Senin (5/2/2024).



Dalam kesempatan tersebut Nadhif juga meminta para pimpinan untuk mulai merumuskan strategi implementasi program dalam  mendukung kebijakan Menteri Agama dalam mewujudkan tranformasi Kementerian Agama menuju Indonesia Emas 2045.



Menurutunya ada beberapa program Kemenag Kota Yogyakarta yang sejalan dengan arahan dari Menteri Agama dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Di antaranya berupa launching KUA revitalisasi plus di Gedongtengen yang berusaha mendampingi masyarakat dalam bidang pemberdayaan ekonomi agar bisa mengentaskan kemiskinan.


Selain itu, Nadhif juga ingin meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak termasuk pihak swasta. “Menurut Menag, selama ini kurang melibatkan pihak swasta dalam memajukan pendidikan Indonesia. Padahal pendidikan tidak hanya tanggungjawab pemerintah tetapi juga swasta. Termasuk dalam berbagai sektor lainnya,” imbuh Nadhif.


Maka ia ingin agar ke depan berbagai program yang ada bisa menggandeng pihak swasta. Misalnya melalui kegiatan Kemenag Menyapa yang menjangkau ormas keagamaan maupun elemen masyarakat lainnya. Termasuk dalam membangun moderasi beragama, untuk mencegah adanya perpecahan di tengah masyarakat.

 

Dalam bidang layanan digital, Nadhif ingin Kementerian Agama Kota Yogyakarta mampu mengembangkan konektivitas layanan digital terpadu, antara Kemenag Kota, Madrasah dan Kantor Urusan Agama (KUA). “Kita perlu merumuskan program-program yang mampu mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045. Maka saya ingin sebelum rapat kerja digelar, masing-masing unit kerja telah menyiapkan poin-poin usulan yang selanjutnya akan dibahas bersama,” tutup Nadhif.

 

Kementerian Agama RI menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, 5-7 Februari 2024. Sementara Kementerian Agama Kota Yogyakarta mengikuti secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan bertempat di Aula 1 diikuti Kasubbag, Kasi, Penyelenggara dan Kepala KUA Se-Kota Yogyakarta. [rls]

LihatTutupKomentar