-->

Pelaksanaan ABM di Kota Yogyakarta

KabareMinggir - Assessment Bakat Minat (ABM) berlangsung mulai tanggal 7-8 November 2023. ABM diikuti oleh semua madrasah jenjang Aliyah atau MA di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Beberapa madrasah yang mengikuti ABM ditanggal 7 November 2023 adalah MAN 1 Yogyakarta, MAN 2 Yogyakarta, MA Muallimaat Muhammadiyah. Sedangkan yang mengikuti ABM di tanggal 8 November 2023 adalah MA Mu'allimin, MA Muhammadiyah 1 dan MA Nurul Ummah.




ABM diharapkan dapat memberikan gambaran keahlian yg tepat, sehingga menumbuhkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Penggunaan test prestasi, test bakat dan test minat secara bersama akan memberikan gambaran kemampuan peserta didik secara lebih lengkap. (Juknis ABM 2023)


Tujuan pelayanan ABM adalah untuk memberikan informasi mengenai potensi peserta didik pada bidang khusus pada aspek yg diukur dan kesesuaian mintanya. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk belajar ke jenjang yg lebih tinggi atau pada situasi yg baru.


Pada pelaksanaan ABM hari pertama ini, seksi pendidikan madrasah melakukan pemantauan lapangan di beberapa madrasah pelaksana ABM. 


Kasi pendidikan madrasah Elfa Tsuroyya menyampaikan secara keseluruhan pelaksanaan ABM berjalan lancar dan diikuti oleh semua siswa jenjang MA. Pada saat melakukan pemantauan dari beberapa titik lokasi, sempat terjadi server down pada waktu yang bersamaan. Namun server down tersebut tidak menjadi kendala berarti, dan siswa dapat melanjutkan mengerjakan soal-soal Assesment kembali sampai waktu berakhir. [rls]

LihatTutupKomentar