-->

Peran Penting Perusahaan Logistik Indonesia di Tengah Pandemi

Peran penting perusahaan logistik Indonesia di tengah pandemi. Pandemi Virus Corona atau lebih dikenal dengan Covid-19 belum juga berakhir. Virus yang semula berasal dari Wuhan China ini telah menyebar ke berbagai Negara dan menewaskan ratusan ribu manusia. Untuk mencegah penularan imbauan untuk tetap di rumah dan menaati protokol kesehatan terus digencarkan. Dampaknya terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat yang lebih memilih e-comerce untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Secara tidak langsung juga turut meningkatkan jumlah layanan logistik di Indonesia.

perusahaan logistik indonesia
pixabay.com

Apalagi Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar dan tersebar di ribuan pulau sehingga membutuhkan layanan logistik memadai. Jika dulu masyarakat lebih banyak mengandalkan PT Pos Indonesia, kini berbagai perusahaan logistik hadir dengan penawaran masing-masing yang menarik. Sehingga masyarakat memiliki pilihan yang beragam dari sisi layanan, fasilitas serta harga yang ditawarkan. Apalagi kini juga semakin terjangkau dengan adanya cabang-cabang di berbagai daerah hingg tingkat kecamatan atau pun desa.

Tidak hanya perusahaan logistik dalam negeri melainkan juga perusahaan asing yang membuka cabang di Indonesia. Bahkan beberapa perusahaan transportasi pun membuka layanan logistik seperti PT KAI maupun maskapai penerbangan di Indonesia. Tidak ketinggalan biro travel dan perusahaan Otobus pun ikut bermain dalam sektor logistik. Masing-masing hadir dengan menawarkan keunggulan untuk menarik minat masyarakat agar mau memakai jasa layanannya. 


Perkembangan Sektor Logistik Indonesia

Berdasarkan Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) terlihat bahwa sektor logistik ikut memberikan sumbangsih nyata dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pada triwulan II tahun 2019 lalu tercatat sektor logistik mampu menyumbang Rp220,6 triliun atau setara dengan 5,57% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Selaras dengan data tersebut, Supplay Chain Indonesia (SCI) menyatakan pada tahun 2019 sektor logistik diprediksi dapat tumbuh mencapai Rp889,4 triliun atau 11,56%.

Sedangkan pada tahun 2020 ini, Supplay Chain Indonesia memperkirakan terjadi sedikit penurunan dibanding tahun sebelumnya yakni hanya tumbuh 9,18%. Jika dirinci, angkutan darat berada pada posisi terbanyak dengan angkutan rel (15,57%), angkutan laut (12,12%), angkutan jalan (10,36%), angkutan sungai, danau dan penyeberangan (6,64%) dan angkutan udara (6,96%). 

Ke depan dengan trend belanja via online yang semakin digemari masyarakat karena dirasa lebih praktis dan mudah, kebutuhan akan sektor logistik diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. Sehingga persaingan di sektor logistik tidak bisa dihindarkan. Maka masing-masing perusahaan perlu melakukan inovasi layanan untuk merebut hari konsumen.


Selog Express Menghadirkan Solusi

Selog Express merupakan satu di antara lini bisnis PT. Serasi Autoraya yang menyediakan jasa layanan logistik. Selog Express melayani pengiriman sameday service, Next day service dan regular service. Selain itu, Selog Express juga memberikan layanan:

  • Ambasador Service Ambasador Service
  • Time Definite Service
  • VPD Service VPD Service
  • Heavy Weight Service

Selog Express telah berpengalaman melayani kebutuhan logistik masyarakat dengan layanan terbaik. Kehadiran Selog Express diharapkan menjadi pilihan masyarakat sekaligus membantu perekonomian Indonesia untuk tumbuh dengan berkembangan unit-unit usaha berbasis masyarakat seperti usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa terus tumbuh sebagai satu diantara pilar ekonomi bangsa. 

Mengusung semangat Moving yours faster than any others, Selog Express siap memberikan layanan terbaiak kepada masyarakat. Apalagi di tengah pandemic covid-19 yang belum menandakan akan mereda. Masyarakat harus terus bisa menjalankan roda perekonomian dengan terus berkarya dan melakukan bisnis meskipun dari rumah. [r]


LihatTutupKomentar