-->

Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Kartu Prakerja, Dibuka Sampai September 2020

KabareMinggir.Com - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan kartu Pra Kerja. Kartu ini tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang belum bekerja tetapi juga bagi mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terutama akibat wabah Covid-19 yang sedang melanda saat ini.

cara mendaftar kartu pra kerja

Apa yang didapatkan dari Kartu Prakerja? Pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp20 triliun untuk program Kartu Prakerja yang menyasar 5,6 juta orang. Program ini resmi dibuka pada 11 April 2020 lalu dan direncakan akan berlangsung hingga September 2020.

Untuk tahap pertama, setiap pekan dibuka kesempatan untuk 164 ribu masyarakat yang bisa diterima. Dan setiap pekan bisa bertambah kuota yang diterima.

Bagi pendaftar gelombang pertama yang belum diterima bisa mendaftarkan diri lagi. Hingga pelaksanaan gelombang terakhir atau gelombang ke 20.

Untuk gelombang pertama dibuka 11 April dan pengumuman 17 April 2020. Pelatihan melalui mitra digital platform bisa diikuti mulai 18 April 2020 atau sehari setelah pengumuman. Pelatihan dilakukan secara online, dan menurut rencana akan diadakan pelatihan offline setelah wabah Virus Corona mereda.

Pada tahap pertama lalu lebih dari satu juta masyarakat telah mendaftarkan diri. Hingga ahad 12 April 2020 tercatat 1,4 juta pendaftar yang tela melakukan registrasi.

 

Apa yang didapatkan Pemegang Kartu Prakerja

Peserta akan mendapatkan berbagai pelatihan dari tingkat pemula hingga mahir. Seperti pelatihan menjadi MC, mengelola warung kopi, bahasa Inggris, housekeeping, bidang pariwisata dan sebagainya.

Total paket manfaat yang diterima senilai Rp3.550.000 berupa Rp1.000.000 untuk membeli paket pelatihan online.

Serta insentif berupa uang sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan atau total Rp2.400.000 yang akan ditransfer melalui Bank atau akun E-Money seperti Gopay, LinkAja dll.

Peserta juga akan mendapatkan insentif pasca pengisian survei evaluasi senilai Rp50.000 per survei dan akan dilaksanakan tiga kali survei atau total sebesar Rp150.000.

Kewajiban Peserta Kartu Prakerja

Setela diterima sebagai peserta wajib untuk mengambil modul pelatihan yang diinginkan maksimal 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima. Sisanya dapat dilakukan sampai akhir Desember 2020.

Apabila dalam 30 hari tidak melakukan atau mengambil paket pelatihan online, maka hak peserta akan hangus.

 

Cara dan Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja 

1. Siapkan Data Diri Lengkap sesuai KTP

2. Nomor telepon yang aktif bisa untuk menerima SMS

3. Email aktif dan masih bisa dibuka, pastikan Anda tidak lupa passwordnya.

 

 Syarat Kartu Prakerja:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berumur minimal 18 tahun pada saat mendaftar.

2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

 

Cara membuat akun kartu prakerja

1. Silakan masukkan nomor ponsel atau alamat email yang aktif.

2. Pilih Kolom Daftar

3. Pilih menu metode verifikasi (SMS atau Email)

4. Masukan kode verifikasi diterima lewat SMS ataupun email.

5. Jika selesai, maka pendaftaran berhasil dan pendaftar sudah punya akun Kartu Prakerja.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Kebotakan Rambut 

Setelah mempunyai akun Kartu Prakerja, pendaftar bisa langsung mendaftarkan diri.

1. Masuk website www.prakerja.go.id.

2. Masuk ke akun lalu klik menu daftar Kartu Prakerja

2. Isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan secara lengkap dan benar

3. Jika sudah lengkap, klik selanjutnya

4. Kemudian isi tes kemampuan dasar.

5. Jika sudah terisi klik selesai.

6. Setelah mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar  pendaftar, pendaftar akan menerima pesan notifikasi melalui akun yang sudah terdaftar.

Pendaftar bisa langsung membuka akun  di situs Kartu Prakerja, prakerja.go.id, dan melakukan pengecekan status pendaftar.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Kartu Prakerja, bisa menghubungi pusat bantuan di (021) 25541246 yang siap melayani setiap hari kerja Senin-Jumat jam 08.00-19.00 WIB, atau juga bisa melalui e-mail info@prakerja.go.id.

 

 Memilih Pelatihan Kartu Prakerja

Setelah pendaftar diterima menjadi penerima manfaat Kartu Prakerja. Peserta bisa memilih dan mengikuti pelatihan sesuai bidang yang diinginkan secara online. Maksimal 30 hari sejak dinyatakan diterima sebagai peserta wajib mengambil minimal satu pelatihan. Pelatihan secara offline kemungkinan tersedia setelah wabah Virus Corona berakhir.

Peserta Kartu Prakerja akan mendapat saldo dalam bentuk non-tunai melalui OVO, Link Aja dan Bank Negara Indonesia (BNI). Saldo pelatihan bisa digunakan untuk mengambil paket pelatihan selanjutnya.

Para peserta akan mendapatkan sertifikat setelah peserta selesai mengikuti paket pelatihan.

Baca Juga : Inilah Kelebihan Sayuran Hidroponik Organik 

 

Tujuan Program Kartu Prakerja

 

Kartu Prakerja tidak hanya menyasar masyarakat yang sedang mencari pekerjaan, tetapi juga dapat diikuti oleh para buruh, karyawan dan pegawai. Semua masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah boleh mendaftar.

Tidak ada batas usia maksimal untuk mengikuti program kartu Prakerja. Meskipun begitu para pencari kerja usia muda mendapatkan prioritas untuk diterima.

Program ini bertujuan untuk membantu biaya pelatihan bagi para pekerja dan perusahaan, mengurangi biaya dalam mencari informasi pelatihan, mendorong kebekerjaan seseorang dengan mengurangi mismatch serta menjadi pelengkap pendidikan formal. [KM/02 | indonesia.go.id]

 

 

 

 

 


LihatTutupKomentar