-->

5 Cara Mengatasi Kebotakan Rambut

Rambut adalah mahkota, demikian sebuah ungkapan meluksikan betapa pentingnya rambut dalam penampilan seseorang. Tetapi menjaga rambut tetap subur, hitam dan sehat tidaklah mudah.

Maka produk kesehatan rambut termasuk yang paling laris di pasaran, mulai dari shampoo, conditioner, minyak rambut sampai obat penyubur rambut. Tapi benarkan semua obat-obatan tersebut efektif untuk menumbuhkan kembali rambut yang sudah botak?

mengatasi kebotakan rambut
pixabay.com

Sampai kini banyak obat kimia maupun alami yang disebut mampu mengatasi kebotakan. Sampai teknik mutakhir dengan cara transplantasi rambut.

Penyebab kebotakan bisa karena berbagai macam, seperti faktor stress, pengaruh obat-obatan tertentu, masalah hormonal, karena suatu penyakit atau karena faktor keturunan. Masing-masing memerlukan penanganan yang berbeda.

Berikut 5 Cara Mengatasi Kebotakan Rambut

1.     Memberikan nutrisi yang cukup untuk rambut.

Seperti tubuh manusia, rambut juga memerlukan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Makanan yang banyak mengandung vitamin B 6, Vitamin B 12, D, protein, zat besi, asam lemak omega 3, dan biotin sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

Nutrisi tersebut bisa ditemukan dalam makanan misalnya ikan salmon, ikan tuna, kacang kedelai, susu, jus jeruk, gandum utuh dan lainnya.

2.     Mengurangi stress dan kerja lembur.

Stres dapat mengganggu metabolism tubuh sehingga produksi hormone dalam tubuh manusia terganggu. Maka ini bisa berpengaruh juga kepada hormone pertumbuhan rambut.

Sebuah riset juga menyebutkan kerja lembur yang berlebihan bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Baca Juga : Kelebihan Sayuran Hidroponik Tanpa Pestisida

3.     Hindari asap rokok

Merokok ternyata tidak hanya merusak paru-paru, website Men's Health, memaparkan bahwa merokok merupakan vasokonstriktor yang membatasi pembuluh darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Sedangkan folikel rambut memerlukan suplai darah untuk tetap sehat. Jika terhambat akibat rokok maka proses pertumbuhan rambut terganggu.

4.     Menggunakan bahan alami untuk keramas

Satu di antara bahan alami yang berkhasiat merawat rambut adalah lidah buaya.

Tanaman ini dikatakan ampuh mengatasi kerontokan rambut. Karena lidah buaya mengandung Vitamin A, C, dan E yang berperan untuk mengganti sel yang mati. Sekaligus membantu membersihkan sebum yang menutupi folikel dan menghambar pertumbuhan rambut di kepala.

Cara menggunakan lidah buaya untuk merawat rambut cukup gampang. Cukup usapkan lidah buaya di kepala dan pijat di area kulit kepala.

 Mengkonsumsi obat atau terapi medis

Ini merupakan tahap yang harus dikonsultasikan dengan ahli rambut dan medis. Karena kini telah tersedia obat-obat kimia untuk menumbuhkan rambut, termasuk teknik cangkok rambut, laser dan sebagainya.

Menjaga rambut agar tetap sehat dan tidak rontok merupakan sebuah usaha yang penting agar mahkota di kepala tetap terjaga. [KM/02]


LihatTutupKomentar