-->

Kelebihan Sayuran Hidroponik Tanpa Pestisida

Kesehatan salah satunya tergantung dengan makanan yang dikonsumsi. Di antaranya dari sayuran yang menjadi kebutuhan harian setiap orang. Saat ini semakin ngetrend pola pertanian hidroponik yang mengandalkan media air sebagai media tanam.

Pertanian hidroponik masih belum banyak dilakukan karena image di masyarakat yang menganggap pertanian hidroponik sulit dan mahal. Padahal jika ditekuni dengan baik, pertanian hidroponik justru memiliki kelebihan dibanding pola pertanian konvensional.

Sayur Sehat Hidroponik
Sumber: Teras Ponik
 

Apakah Hidroponik Termasuk Organik?

Tidak semua pola hidroponik termasuk organik karena beberapa di antaranya menggunakan zat kimia dalam pemupukan atau pestisida yang digunakan. Dalam pertanian organik harus memenuhi empat prinsip yang selama ini di kenal.

Empat prinsip dalam pelaku organik, prinsip kesehatan tanah, sayur, dan petani. Prinsip ekologi dalam pertanian organik harus ramah lingkungan, prinsip keadilan, seharusnya produk organik terjangkau semua kalangan tidak hanya untuk kalangan menengah ke atas. Sehingga organik tidak harus mahal atau harus terjangkau oleh semua kalangan. Dan prinsip perlindungan, harus melindungi flora dan fauna yang ada dan generasi muda yang akan datang.

Baca Juga : Menanam Kelor yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Sehingga tidak semua pertanian hidroponik masuk kategori organik. Tetapi sebagian petani tetap mempertahankan pola hidroponik-organik.

Beberapa kelebihan hidroponik dengan bahan nutrisi dan pestisida alami antara lain:

Tidak mengandung residu kimia yang berbahaya

Sayuran dikonsumsi setiap hari, sehingga apabila ada residu kimia yang ikut masuk ke dalam tubuh lama kelamaan akan menumpuk dan bisa mengganggu kesehatan tubuh. Sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran hidroponik organik, maka akan lebih sehat.

Bahan produksi pertanian Hidroponik tersedia dari alam

Bertani secara hidroponik organik bisa memanfaatkan bahan nutrisi yang tersedia di alam sehingga biayanya bisa lebih murah. Bisa membuat sendiri atau bisa membeli di toko pertanian dengan harga yang murah karena pemakaiannya tidak berlebihan.

Baca Juga : Asman Toga Antarkan Sidokarto Juara PHBS

Nutrisi berlebih tidak membuat tanaman mati

Berbeda dengan pemakaian pupuk kimia yang jika terlalu banyak membuat tanaman mati. Pemakaian pupuk organik relatif lebih aman, tetap menjaga kesuburan tanah dan tidak merusak lingkungan.

Hasil produksi sayuran bisa maksimal

Pertanian dengan sistem hidroponik organic tidak kalah dengan pertanian hidroponik kimia maupun konvensional dengan media tanah. Bahkan karena penggunaan lahan yang lebih efisien, maka pertanian organik bisa lebih maksimal.

Tidak merusak lingkungan

Hidroponik organik merupakan metode pertanian yang ramah lingkungan. Selain tidak memakan banyak lahan, pertanian model ini tidak mencemari tanah dengan bahan-bahan kimia berbahaya.

Itulah beberapa keunggulan pertanian hidroponik organik yang ramah lingkungan juga menghasilkan produk yang sehat dan layak dikonsumsi. Sehingga kita bisa mengkonsumsi tanpa khawatir terpapar zat kimia berbahaya. [KM/03]


LihatTutupKomentar