-->

7 Tips Cara Mencuci Piring dengan Cepat dan Bersih

Mencuci piring menjadi rutinitas harian yang biasa dilakukan. Bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki asisten atau membantu, maka harus mau mencuci piring setiap hari agar tidak menumpuk. 

cara mencuci piring
pixabay.com


Sebagian keluarga menerapkan aturan, setiap anggota keluarga wajib mencuci piring yang digunakan sendiri. Jika demikian tentu mengurangi pekerjaan yang harus dilakukan.

Namun mencuci piring terlihat sebagai pekerjaan yang mudah. Meskipun begitu untuk mendapatkan hasil yang bersih dan cepat. Sehingga tidak menghabiskan banyak waktu.

Berikut 7 tips cara mencuci piring dengan cepat dan bersih.

Pilih pembersih atau sabun cuci piring yang tepat. 

Sebagian besar makanan mengandung minyak sehingga menempel pada permukaan piring. Untuk mencucinya diperlukan bahan untuk membersihkan minyak. Lemon dipercaya bisa membantu membersihkan minyak yang menempel pada peralatan dapur, maka tidak heran banyak sabun cuci piring menawarkan keunggulan dengan mengandung lemon.

Bahan lain yang biasa ada pada sabun cuci piring adalah anti bakteri sehingga menjaga kebersihan peralatan dapur dari bakteri. Asam laktat dipercaya mampu mengusir atau membasmi bakteri yang menempel pada permukaan alat rumah tangga.

Pilih peralatan mencuci piring yang praktis dan nyaman digunakan. 

Untuk hasil yang maksimal perlu memilih peralatan yang tepat dan nyaman digunakan. Busa untuk mencuci piring pilih yang bisa menyerap air, sehingga bisa menyerap kotoran yang ada.

Gunakan ember besar atau wadah untuk merendam piring. Sebelum dicuci rendam piring dalam wadah untuk beberapa saat. Ini berguna agar kotoran yang keras menjadi lunak dan mudah dibersihkan.

Cucilah gelas terlebih dahulu.

Jika harus mencuci piring, gelas dan perabot lainnya secara bersamaan. Cucilah gelas, peralatan minum dan sejenisnya terlebih dahulu. Agar tingkat ‘kebersihannya’ lebih terjaga. Kemudian baru piring dan perabot lainnya. Perabot dapur yang mengandung lemak atau minyak cuci paling akhir.

cara mencuci piring
pixabay.com

Membilas dengan air mengalir.

Pada tahap akhir pencucian, bilaslah piring dengan air mengalir. Ini lebih memungkinkan agar piring tetap bersih karena air bilasan tidak mengenai piring atau perabot lainnya.

Manfaatkan soda.

Jika terdapat lemak yang membandel, bisa menggunakan baking soda dengan menaburi perabotan yang berminyak dengan baking soda, diamkan sebentar kemudian cuci hingga bersih.
Jangan biarkan piring menumpuk.


Jangan biarkan menumpuk

Kebiasaan menumpuk piring kotor sebaiknya dihindari. Selain kemungkinan membuat bakteri berkembang biak, menumpuk piring kotor akan membuat pekerjaan mencuci piring dalam jumlah banyak menjadi beban tersendiri.

cara mencuci piring
pixabay.com

Letakkan piring dengan benar

Pilih tatakan piring yang memungkinkan bekas air dalam piring atau perabot bisa tuntas mengering. Bisa juga dengan meletakkan kain bersih di bawah gelas atau piring.

cara mencuci piring
pixabay.com

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba agar mencuci piring bisa lebih cepat dan bersih. [KM/04]

LihatTutupKomentar