-->

Cara Membuat Racun Tikus Mematikan dari Bahan Alami

Tikus bukan hanya menjadi hama yang menyerang tanaman di sawah atau ladang, tetapi juga telah menjadi hewan yang menganggu apabila di perumahan. Sampai sekarang para petani masih kesulitan untuk mengatasi hama tikus ini.

Cara Membuat Racun Tikus Mematikan dari Bahan Alami
pixabay.com


Sebagian menggunakan racun tikus yang dibeli dari toko pertanian dengan menggunakan umpan makanan. Sebagian petani menempuh cara dengan memagari sawah dengan plastik atau bahan yang sulit dilewati tikus.

Tetapi semua itu belum bisa menjadikan jaminan, karena tikus mampu melakukan reproduksi sangat cepat sehingga satu indukan bisa berkembang biak dengan cepat. Tentu ini sangat mengganggu dan merugikan.

Tikus tidak hanya menyerang tanaman di ladang atau sawah tetapi juga terbiasa ada di rumah-rumah. Mereka hidup dan bersembunyi di tempat-tempat yang kotor dan sulit dijangkau seperti gorong-gorong, pipa, loteng, maupun di atas langit-langit rumah.

Beberapa penyakit juga dikatakan bersumber dari tikus seperti penyakit leptopirosis, pes, maupun rat bite fever.

Untuk mengatasinya, di antaranya dengan mengurangi populasi mereka dengan racun. Berikut beberapa bahan yang bisa dijadikan racun tikus mematikan. 

Cuka

Selama ini cuka telah dikenal sebagai cairan yang berguna untuk mengusir semut dan serangga. Ternyata cuka juga bisa untuk mengusir dan membasmi tikus. Berikut cara mengusir tikus dengan cuka.
Untuk membasmi serangga atau semut biasanya cairan cuka dicampur dengan air untuk membersihkan lantai. Tetapi untuk membasmi tikus tidak cukup demikian karena agar efektif harus tepat ke sarang atau tempat yang biasa dilewati tikus.

Gunakan bola kapas, basahi dengan Cuka lalu letakkan di sarang tikus atau tempat yang biasa dilewati tikus. Lakukan secara rutin, apabila kapas sudah kering, basahi lagi dengan cuka.

Hati-hati dalam mencampur cuka, untuk keamanan gunakan sarung tangan. Untuk membasahi bola-bola kapas dengan cuka, bisa dengan cara mencelupkan ke cairan cuka yang sudah diwadahi mangkuk, gunakan penjepit kapas.

Bubuk Kopi

mengusir tikus dengan bubuk kopi
pixabay.com

Bubuk kopi juga sering digunakan untuk mengusir semut maupun bau tak sedap misal di lemari es. Ternyata bubuk kopi juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya cukup mudah, taburkan bubuk kopi di area yang digunakan tikus bersembunyi.

Lakukan secara rutin. Bubuk kopi yang digunakan adalah bubuk kopi asli, buka bubuk kopi instan.


Cengkeh

Cengkeh bisa digunakan untuk mengusir tikus. Cengkeh yang digunakan adalah cengkeh yang sudah kering. Caranya dengan meletakkan cengkeh yang dilapisi kain kassa di tempat-tempat yang biasa digunakan untuk bersembunyi tikus. 

Bawang

Cara Membuat Racun Tikus Mematikan dari bawang
pixabay.com

Aroma Bawang bisa juga digunakan untuk mengusir tikus. Agar aroma lebih terasa, iris bawang kecil-kecil dan bisa dijadikan satu dengan dibungkus kain kassa. Letakkan pada tempat yang biasa untuk bersembunyi tikus.

Kulit Telur

Cara Membuat Racun Tikus Mematikan dari kulit telur
pixabay.com

Kulit telur memiliki khasiat untuk membasmi tikus. Efeknya mungkin serupa dengan yang biasa digunakan yakni bubuk dari gypsum. Caranya kulit telus dihaluskan sampai butiran kecil-kecil.

Letakkan pada tempat yang biasa dilewati tikus, maka jika terkena tikus akan bereaksi, bahkan sampai mati. [KM/01]

LihatTutupKomentar