-->

Apakah Wine Coffee Halal?


RerasanWine Coffee secara harfiah berarti kopi anggur atau kopi beraroma anggur. Dibuat dari hasil fermentasi. Lalu muncul pertanyaan, apakah wine coffe halal? Sejauh ini dari beberapa referensi mennyatakan wine coffe halal untuk dikonsumsi. Karena meskipun beraroma anggur, sebetulnya rasa itu berasal dari daging buah kopi yang meresap ke dalam biji kopi saat penjemuran.

kampung kopi banaran


Jika dalam pengolahan biasa, biji kopi hanya dijemur 15-30 hari, maka dalam pembuatan wine coffee penjemuran di bawah sinar matahari sampai 45-60 hari. Kopi yang dipetik kemudian dicuci, tanpa dikupas kulit buahnya, langsung dijemur di atas terpal dan digulung. Sehingga seolah diperam dalam panas sinar matahari. Jenis kopi yang paling lazim dibuat yakni Kopi Arabica Gayo dan Kopi Robusta Lampung. Kedua jenis kopi ini dikenal memiliki kualitas tinggi.

Setelah melalui penjemuran selama sekitar 60 hari, daging buah kopi ikut meresap ke dalam biji kopi. Sehingga inilah yang membuat kopi memiliki rasa seperti anggur saat diolah dan diseduh. Karena kualitas kopi dan prosesnya yang demikian, harga wine coffee terbilang mahal. [KM/03 || dari berbagai sumber]

LihatTutupKomentar