-->

Tontonan Bagus, Belajar Sains dan Teknologi dari Akun Youtube AAS800

Tontonan Bagus, Belajar Sains dan Teknologi dari Akun Youtube AAS800. Sudah beberapa pekan para siswa TK, SD, SMP, dan SMA/SMK menjalani masa belajar dari rumah. Wabah Virus Corona yang belum juga mereda membuat sejumlah daerah menerapkan Study From Home (SFH) dalam waktu yang lebih lama.

Akun Youtube Sains
Akun Youtube AAS800

Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta, SFH bagi para siswa diperpanjang setidaknya hingga 28 April 2020. Sambil melihat perkembangan yang ada. Maka diperlukan variasi dan inovasi dalam pembelajaran agar anak tidak merasa bosan di rumah. Atau justru asyik bermain gadget.

Beruntung bagi para siswa yang memiliki orang tua yang dapat mendampingin dan membimbing dalam proses belajar di rumah dan memiliki fasilitas yang mendukung, seperti hp, laptop, dan jaringan internet. Sehingga mereka bisa melakukan komunikasi dengan Whatsapp (video call) atau fasilitas meeting online semisal hangout, microsoft teams, ataupun zoom.


Lalu bagaimanakah siswa yang tidak memiliki alat pendukung demikian?


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sudah meluncurkan program belajar dari rumah di TVRI. Dengan sajian materi dari usia PAUD, TK hingga SD. Ini tentu menjadi alternatif agar pembelajaran siswa di rumah.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Program Belajar Dari Rumah TVRI

Belajar di Rumah Melalui Akun Youtube

Kini ada tontonan lewat youtube yang menarik terutama bagi mereka yang ingin belajar sains dan teknologi. Aku Youtube AAS800, merupakan akun Youtube yang mengulas tentang ilmu pengetahuan alam dengan segala fenomenanya.

Akun ini menampilkan dosen Institue Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Agus Purwanto atau akrab dipanggil Gus Pur.

Melalui Channel ini Gus Pur menjelaskan tentang ayat-ayat semesta seperti pegerakan bumi, gunung, teori Albert Einstein dan sebagainya.

Baca Juga : Mengembangkan Interkonektivitas Pendidikan

Dengan penjelasan yang mudah dan perbandingan dengan kondisi sehari-hari sehingga mudah untuk dipahami.

Gus Pur sendiri merupakan pendiri pesantren berbasis sains (Trensains), sekolah menengah atas (SMA) yang ada di Sragen Jawa Tengah.

Selain itu Gus Pur juga bekerjasama dengan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, yang dulu diasuh alm. KH. Shalahudin Wahid (Gus Sholah). Atas peran Gus Pur kemudian berdiri sekolah bercirikan sains di Ponpes Tebuireng tersebut.

Silakan simak video-video tentang sains dan teknologi di akun Youtube AAS800



LihatTutupKomentar