-->

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Minuman Segar Kaya Manfaat


Daun kelor beberapa waktu terakhir mendapat banyak perhatian. Setelah para pakar menyatakan daun ini memiliki banyak nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan. Kabarnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pohon kelor dibudidayakan dalam sekala besar dan diolah serta berhasil diekspor ke Jepang.

Mengolah Daun Kelor Menjadi Minuman Segar Kaya Manfaat
pixabay.com

Umumnya masyarakat Indonesia mengolah Daun Kelor sebagai bahan sayur bobor. Beberapa lainnya mengolah Daun Kelor menjadi keripik, mie, maupun teh kelor. Tetapi kini Daun Kelor telah diolah menjadi serbuk yang bisa dikreasikan menjadi beragam makanan maupun minuman.

Warga Desa Sendangrejo Bogorejo Blora Jawa Tengah misalnya mengolah Daun Kelor menjadi minuman segar dan kaya manfaat. Selain dikonsumsi sendiri, minuman ini juga untuk memenuhi permintaan dari Jawa Timur.

Minuman berbahan Daun Kelor ini disebut Wedang Kelor. Cara mengolahnya pun sederhana. Daun kelor diolah menjadi serbuk dengan blender dan wajan, kemudian dituang air panas yang mendidih. Maka Wedang Kelor sudah siap untuk disajikan.

Untuk ¼ kg daun kelor dicampur dengan rempah daun pandan, jahe, alang-alang, kayu manis, dan daun salam. Bahan-bahan tersebut kemudian diblender hingga halus dan keluar ampas.

Baca Juga : NTT Sukses Ekspor 40 Ton Daun Kelor ke Jepang

Ampas diperas dan diblender lagi berulang dua kali, lalu digodok di atas tungku api bersama campuran gula 1 kg dan air 2 gayung. Tunggu sampai campuran mengental dan menjadi Kristal. Kemudian dibiarkan sampai dingin baru dikemas menjadi Wedang Kelor.

Harga Wedang Kelor untuk satu kemasan isi 12 biji seharga Rp25 ribu. Bisa digunakan membuat 12 gelas minuman. Rasa wedang kelor mirip teh dengan sedikit rasa pahit.

Kini minuman ini menjadi minuman khas dari Desa Sendangrejo Bogorejo Blora Jawa Tengah yang banyak diminati. Proses pembuatannya yang alami serta bahan bakunya yang banyak mengandung nutrisi membuat banyak orang ingin mencobanya.

Beberapa took online juga menyediakan Wedang Kelor ini, sehingga bisa secara mudah membelinya secara online.

Jual Wedang Daun Kelor di Yogyakarta

Di Yogyakarta juga terdapat warung yang spesial menjual Wedang Daun Kelor, berlokasi di Jalan Cepit – Tembi, tepatnya di Dusun Gatak Timbulharjo Sewon Bantul. Warung ini buka setiap hari mulai jam 9 hingga 19 malam. [KM/04]

LihatTutupKomentar