-->

Amalkan Nilai Luhur Muhammadiyah, MCCC Minggir Jalankan 8 Program Peduli Dampak Covid-19


Hanya berselang sekitar tiga hari sejak kasus pertama positif Corona diumumkan pemerintah, Muhamamdiyah langsung bergerak membentuk satuan tugas penanggulangan Virus Corona atau Covid-19 serta menyiapkan 20 Rumah Sakit yang dikelola Muhamamdiyah maupun Aisyiah. Tepatnya pada 5 Maret 2020.

MCCC Minggir Jalankan 8 Program Peduli Dampak Covid-19
MCCC Minggir Jalankan 8 Program Peduli Dampak Covid-19

Satuan tugas tersebut kemudian disebut Muhammadiyah Covid-19 Command Center yang dipimpin langsung, dr. Corona Rintawan. Dokter muda yang sarat pengalaman dalam dunia kerelawanan. Langkah cepat Muhammadiyah ini mendapat apresiasi dari banyak kalangan.


Keberadaan MCCC merupakan induk aktifitas Muhammadiyah di tingkat pusat dalam penanganan Covid-19, yang kemudian dibentuk menurut struktur yang ada di tingkat wilayah (provinsi), daerah (Kabupaten/Kota), hingga cabang (Kecamatan).

MCCC Minggir Jalankan 8 Program Peduli Dampak Covid-19
MCCC Minggir Jalankan 8 Program Peduli Dampak Covid-19

Keberadaan MCCC di seluruh Indonesia terbantu dengan keberadaan struktur Muhammadiyah yang rapi dan komplet. Sebab Muhammadiyah memiliki sumber daya manusia (SDM) dan Sarana Prasarana memadai. Keberadaan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) cukup dirasakan manfaatnya, khususnya AUM di Bidang Kesehatan.

MCCC Cabang Minggir

MCCC Cabang Minggir hadir bersama-sama warga persyarikatan Muhammadiyah dan masyarakat dalam membantu penanggulangan Covid-19 termasuk antisipasi dampak sosial ekonomi yang terjadi.

Mengusung semangat “Selamatkan Saudara, Selamatkan Masa Depan, Bersama Mengamalkan Nilai Luhur Muhammadiyah, MCCC Minggir menjalankn delapan program penting yakni :
1.    MCCC Peduli Tim Medis
2.    MCCC Peduli AUM
3.    MCCC Peduli Muallaf
4.    MCCC Peduli Imam, Muadzin dan Marbot
5.    MCCC Peduli Ustadz/ustadzah TKA-TPA
6.    MCCC Peduli Dhuafa
7.    AMM Minggir Peduli
8.    Berbagi Kasih MCCC Minggir beraksi

Program tersebut, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19 dan pentingnya pencegahan Covid-19, dengan PHBS, serta penggunaan masker.

Selain itu keberadaan MCCC Minggir juga dimaksudkan guna membantu warga masyarakat yang terdampak wabah dalam berbagai aspek, ekonomi, sosial, keagamaan, psikologi, hingga pendidikan.

Pertama, Kegiatan MCCC Peduli Tim Medis merupakan dukungan kepada tim medis yang menjadi garda terdepan melawan Covid-19. Bantuan dari MCCC Minggir untuk tim medis melalui beberapa tahap. Diawali LazisMu PCM Minggir kemudian dilanjutkan dengan agenda rangkaian AMM Minggir Peduli. Bantuan ini berupa APD (Alat Pelindung Diri), suplemen, dan vitamin. APD berupa barang di antaranya handscoon, masker bedah, masker N95, hazmat suit, dan lainnya.


Kedua, MCCC peduli AUM ini diimplementasikan dalam bentuk bantuan sembako untuk guru tetap yayasan (GTY), guru tidak tetap (GTT), dan PTT. AUM disini meliputi TK-PAUD-KB-TPA, SD Muhammadiyah, SMP Muhammadiyah, dan SMK Muhammadiyah di cabang Minggir. Paket sembako ini seharga @100.000. Sembako ini berisi 1 liter minyak goreng, biskuit, sabun cuci piring, deterjen, 2 sabun mandi, pasta gigi, dan berat 5 kg. Jumlah sembako yang disalurkan sebanyak 166 paket.

Ketiga, MCCC peduli Muallaf ini diimplementasikan dalam bentuk bantuan sembako. Paket sembako ini seharga @50.000. Sembako ini berisi 1 liter minyak goreng, biskuit, sabun cuci piring, deterjen, sabun mandi, pasta gigi, dan berat 2 kg. Jumlah sembako yang disalurkan sebanyak 82 paket.

Muallaf yang mendapatkan bantuan mempunyai beberapa kategori. Diantara katogori tersebut adalah muallaf yang kurang mampu, muallaf yang baru (kurang lebih 2 tahun pertama), dan muallaf yang berada di cabang Minggir.

Keempat, MCCC peduli imam, muadzin, dan muallaf ini diimplementasikan dalam bentuk bantuan sembako. Paket sembako ini seharga @50.000. Sembako ini berisi 1 liter minyak goreng, biskuit, sabun cuci piring, deterjen, sabun mandi, pasta gigi, dan berat 2 kg. Jumlah sembako yang disalurkan sebanyak 68 paket.

Kelima, MCCC peduli ustadz/ustadzah TKA-TPA ini diimplementasikan dalam bentuk bantuan sembako. Paket sembako ini seharga @50.000. Sembako ini berisi 1 liter minyak goreng, biskuit, sabun cuci piring, deterjen, sabun mandi, pasta gigi, dan berat 2 kg. Jumlah sembako yang disalurkan sebanyak 74 paket.


Keenam, MCCC peduli dhuafa ini diimplementasikan dalam bentuk bantuan sembako. Paket sembako ini seharga @50.000. Sembako ini berisi 1 liter minyak goreng, biskuit, sabun cuci piring, deterjen, sabun mandi, pasta gigi, dan berat 2 kg. Jumlah sembako yang disalurkan sebanyak 27 paket.

Ketujuh, AMM Minggir Peduli berupa gerakan edukasi yang dilakukan AMM Minggir kepada para pedagang di Pasar-pasar tradisional yang ada di Kecamatan Minggir dan sekitarnya. Kegiatan juga dibarengi pembagian masker dan brosur tentang Covid-19.

Kedelapan, Berbagi Kasih MCCC Minggir beraksi berupa pembagian logistik ke wilayah Minggir berupa sembako kebutuhan pokok berupa beras, sabun mandi, sabun cuci piring, deterjen, minyak goreng, dan biskuit. Pasien dengan status ODP juga mendapat perhatian dari MCCC berupa paket sembako.

Berbagai program tersebut diharapkan mampu membantu masyarakat dalam menghadapi dampak wabah Covid-19. Sekaligus sebagi implementasi nilai-nilai luhur Muhammadiyah. [KM/02 | rilis]

LihatTutupKomentar