-->

10 Cara Aman Transaksi Lewat ATM Mencegah Penyebaran Virus Corona


Transaksi melalui perbankan akhir-akhir ini tak luput dari dampak wabah Virus Corona atau Covid19. Virus yang bermula dari China tersebut turut mengubah pelayanan di perbankan. Virus Corona yang cepat menyebar melalui perantaraan benda, maupun sentuhan langsung antar manusia mengharuskan adanya aturan jaga jarak atau physical distancing antar orang.

Cuci Tangan di ATM
Cuci Tangan di ATM 

Beberapa waktu lalu sempat tersebar berita adanya pegawai bank yang turut terkena Virus Corona sehingga beberapa bank menerapkan aturan pengurangan jumlah pegawai untuk pelayanan ke customer, mengurangi jam kerja dan pembatasan jarak interaksi antar costumer maupun costumer dengan pegawai bank.

cegah corona
Upaya Penyemprotan disinfektan di ruang kerja.

Sebagian masyarakat memilih transaksi melalui ATM. Meski demikian ATM pun rentan menjadi media penular Virus Corona, karena ATM juga digunakan bergantian banyak orang, dan virus corona mampu bertahan selama beberapa jam di benda padat semisal gagang pintu, tombol ATM, maupun dinding ATM.


Untuk itu perlu adanya kewaspadaan dari para pengguna. Di antaranya dengan memperhatikan beberapa langkah berikut ini untuk meminimalkan penyebaran Virus Corona melalui ATM.

Pertama, menyiapkan pembersih seperti hand sanitizer atau hand soap untuk mencuci tangan. Beberapa ATM yang terletak di perkantoran sudah menyiapkan tempat cuci tangan protable.

Kedua, persiapkan dan atur transaksi yang diperlukan, termasuk rencana transfer dan sebagainya sehingga tidak perlu terlalu lama di dalam ruang ATM.

Ketiga, saat masuk ATM minimalkan menyentuh bagian ATM yang tidak diperlukan, seperti dinding, lantai atau bagian mesin ATM yang tidak perlu.

Keempat, bersingkan tangan setelah proses transaksi. Minimalkan menyentuh bagian badan atau pakaian sebelum membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun.

Kelima, jika ruang ATM terdiri dari beberapa mesin, usahakan menunggu di luar sebelum pengguna lain selesai menggunakan ATM. Atau pilih ATM yang tidak perlu berkerumun.

Keenam, jangan menyentuh bagian wajah, mulut, hidung atau mata sebelum membersihkan tangan.


Ketujuh, tetap jaga jarak dengan pengguna ATM lainnya.
Kedelapan, jika batuk atau pilek lebih baik untuk tinggal di rumah saja, atau ketika bersin tutup dengan tisu.

Kesembilan, buang tisu di tempat sampah yang seharusnya, karena tisu bisa menjadi media virus untuk bertahan hidup.

Kesepuluh, maksimalkan layanan mobile banking untuk transaksi perbankan sehingga bisa dilakukan dari rumah tanpa harus ke ATM atau Bank.

Masyarakat Indonesia harus bersama-sama peduli untuk mencegah penyebaran virus Corona, karena rilis terbaru Jumat, 3 April 2020, jumlah positif Corona sudah mendekati 2000 orang.

Dengan lebih dari 100 orang meninggal dunia. Belum termasuk mereka yang masih dalam masa uji laboratorium.

Di Italia jumlah kematian akibat Virus Corona telah melebihi angka 10.000 orang, menjadikan Negara tersebut kewalahan dalam menanggulangi Virus Corona. [KM/03]

LihatTutupKomentar