-->

Jalur Kereta Yogyakarta – Borobudur Akan Dibangun Tahun 2021


Kabare Minggir – Selain jalan tol yang siap-siap melintasi daerah Tempel dan Seyegan, kini rencana pembukaan jalur kereta api juga akan dibangun dari Yogyakarta menuju Borobudur. Pembangunan ini tentu akan membuat jalur Sleman bagian barat semakin ramai.

Sumber: www.pixabay.com

Menurut rencana pembukaan jalur itu akan disesuaikan dengan pembangunan jalan tol dan sebagian aktivasi jalur rel lama yang sekarang tidak terpakai. Selain dari Yogyakarta, jalur rel juga menurut rencana akan dibangun dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo menuju Candi Borobudur.

Baca Juga : Menelusuri Jejak Jenderal AH Nasution di Kalibawang

Dengan demikian mode transportasi ke Candi Borobudur akan semakin beragam, setelah sebelumnya juga diluncurkan rute DAMRI dari Yogya ke Kulon Progo dan Borobudur. Dalam jangka panjang bahkan rel kereta api akan menghubungkan hingga pantai Selatan, yakni Parangtritis atau Pantai Samas.

Dalam Peraturan Gubernur Nomor 8 Tahun 2017, tentang induk perkeretaapian 2017-2036 terdapat tiga jalur yang menjadi prioritas untuk dikembangkan yakni:

Download/Lihat : Peraturan Gubernur Nomor 8 Tahun 2017, tentang indukperkeretaapian 2017-2036

Bandara YIA Kulon Progo – Brambanan
Bandara YIA Kulon Progo – Pantai Parangtritis
Candi Borobudur – Pantai Samas
Ketersediaan transportasi masal sangat diperlukan untuk mengurangi kemacetan akibat peningkatan jumlah kendaraan pribadi yang tidak seimbang dengan penambahan volume jalan. [KM/07]

LihatTutupKomentar