-->

Beragam Manfaat Buah Kurma yang Istimewa


Buah Kurma memilik banyak manfaat. Buah ini banyak ditemui dan dijual di Indonesia selama Bulan Ramadan. Keistimewaan Kurma sudah disebutkan dalam kitab suci agama samawi. Selain buahnya memiliki karakteristik yang unik, pohon kurma pun menurut penelitian memberikan dampak baik bagi ketersediaan air tanah.

Beragam Manfaat Buah Kurma yang Istimewa
Beragam Manfaat Buah Kurma yang Istimewa
(sumber: hidayatullah.com)

Pohon Kurma memiliki karakter berkebalikan dengan Kelapa Sawit. Jika pohon Kelapa Sawit kuat dalam menyerap air, maka Pohon Kurma justru memiliki daya untuk ‘menyediakan’ air. Tidak heran jika di tengah padang pasir sekalipun banyak ditemua oase di antara tanaman Kurma.

Terdapat lebih dari 200 jenis Kurma. Sebagian besar merupakan hasil pertanian dari Timur Tengah seperti Arab Saudi, Mesir, Irak dan lainnya. Meski demikian kini Kurma telah mulai dibudidayakan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Sedangkan di antara manfaat Buah Kurma bagi kesehatan yakni:

Mencegah stroke dan penyakit jantung, karena Kurma bisa menurunkan kolesterol

Menurunkan risiko diabetes, Kurma bisa memperbaiki fungsi pankreas sehingga meningkatkan produksi insulin sekaligus menghambat penyerapan gula dalam usus.

Memperbaiki kesuburan, bagi pasangan suami istri yang belum dikaruniai keturunan, biasanya mengkonsumsi Kurma hijau. Kurma diyakini mempunyai kandungan estron dan sterol yang baik untuk kesuburan laki-laki.

Mengurangi risiki osteoporosis, kandungan nutrisi dalam Kurma berupa vitamin B, A dan C serta berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium dan lainnya bisa mengurangi risiko osteoporosis.

Mencegah kanker, penelitian menunjukkan Kurma bisa mengurangi risiko kanker terutama kanker usus.

Itulah di antara manfaat Kurma. [KM/03 || dari berbagai sumber]

LihatTutupKomentar