-->

Keunikan Selokan Mataram, Melintas di Bawah Tiga Sungai dan Perkampungan


RerasanSelokan Mataram yang dibangun pada masa penjajahan Jepang memiliki fungsi strategis. Selain menyediaan air untuk irigasi pertanian yang mendukung kemakmuran bagi warga Yogyakarta sejak pembangunannya terbukti telah menyelamatkan warga Yogyakarta dari kerja paksa oleh Jepang.

Hulu Selokan Mataram
(Sumber : paketwisatajogja75.com)

Selokan Mataram merupakan bagian dari Jaringan Saluran Induk Mataram (JSIM) yang meliputi Selokan Mataram, Saluran Induk Karang Talun sepanjang 3 km dan Saluran Van Der Wijk sepanjang 17 km.

Selokan Mataram memiliki panjang sekitar 31,2 km, Selokan Mataram tidak hanya melewati sawah dan ladang, melainkan juga berada di bawah kampung bahkan melewati bawah sungai.

Berikut Lima Keunikan Selokan Mataram yang dirangkum Tim Kabare Minggir :

1.   Menjadi monumen bersejarah terpanjang di Indonesia. Karena nilai sejarahnya, Selokan Mataram yang membujur dari barat ke timur sepanjang 31,2 km bisa dikatakan merupakan monumen perjuangan Bangsa Indonesia.

2.    Panjang keseluruhan Selokan Mataram dari Sungai Progo sampai dengan Sungai Opak sebetulnya lebih dari 31,2 km. Terdiri dari Bendung Karangtalun – Pintu Sadap Selokan Mataram II (Van Der Wijk) sepanjang 3 km. Kemudian Selokan masuk di bawah tanah atau melalui terowongan sekitar 800 meter, kemudian baru mulai Selokan Mataram I (yang dikenal saat ini).

3.  Selokan Mataram melewati di atas 24 sungai sehingga membutuhkan talang bangunan di atas sungai) dan menyusup di bawah tiga sungai yakni Bathang, Krasak dan Code.

4. Selain melewati bawah Sungai, Selokan Mataram juga menyusup di perkampungan meliputi Padukuhan Jetis dan Krajan Desa Bligo Ngluwar Kabupaten Magelang.

5.    Selokan  Mataram pernah dinamakan dengan sebutan Kanal Yoshiro. Diambil dari nama tokoh Simazu Yoshiro seorang Jenderal dari Jepang.

Itulah beberapa keunikan dari Selokan Mataram, yang menadi monumen sejarah bagi Bangsa Indonesia, khususnya rakyat Yogyakarta. [KM/03]

LihatTutupKomentar