-->

Selokan Mataram, Benarkah Dibangun Oleh Belanda?


Rerasan – Benarkah Selokan Mataram dibangun oleh Belanda? Sebagian kabar yang beredar di masyarakat memang demikian. Melihat kekokohan dan keawetan konstruksi selokan seringkali orang awam karena semua itu dibangun Belanda. Lalu benarkah demikian?

Ancol Bligo Hulu Selokan Mataram
Hulu Selokan Mataram
(Sumber : paketwisatajogja75.com)

Lama Wikipedia Indonesia merinci, Saluran Mataram atau kita sering menyebutnya sebagai selokan Mataram mempunyai panjang 31,2 km. Dibangun pada masa penjajahan Jepang di Indonesia. Saluran yang menghubungkan Sungai Progo di bagian barat dengan Sungai Opak di bagian timur ini dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono IX.


Saat itu Jepang menerapkan kebijakan kerja paksa atau Romusha dengan mengambil tenaga kerja pribumi untuk dipaksa bekerja di proyek-proyek yang dibangun di Jawa maupun di luar Jawa. Sehingga ika tidak diantisipasi akan banyak penduduk usi produktif yang dibawa Jepang.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX kemudian membuat siasat dengan bernegosiasi dengan Jepang, tentang kondisi Yogyakarta yang kurang makmur. Hasil pertaniannya hanya berupa singkong. Maka perlu dibangun saluran air agar lahan pertanian bisa ditanami padi dan tidak lagi mengandalkan tadah hujan.


Usul tersebut disetujui Jepang dan tahun1942 dimulailah pembangunan Selokan Mataram. Dengan pembangunan tersebut banyak warga Yogyakarta yang terbebas dari kerja paksa Jepang. Selain itu, keberadaan Selokan Mataram terbukti mampu untuk menyediakan kebutuhan air untuk irigasi lahan pertanian di Yogyakarta, khususnya Sleman, Yogyakarta dan Bantul.

Konon, apa yang pembangunan Selokan Mataram juga selaras dengan sebuah mitos yang dipercaya, bahwa rakyat Yogyakarta akan makmur apabila Sungai Progo dan Sungai Opak menyatu. Dan hal itu diterjemahkan dengan pembangunan Selokan Mataram yang menghubungkan keduanya.

Sehingga menurut sejarah, Selokan Mataram dibangun oleh rakyat Yogyakarta pada masa penjajahan Jepang, bukan oleh Belanda. [KM/03]

LihatTutupKomentar