Back To Top

Bendungan Watu Purbo merupakan destinasi wisata alam di Sleman yang belum banyak dikenal. Padahal lokasi ini menawarkan perpaduan antara kesegaran air terjun, kesejukan lingkungan pedesaan dan suasana alam yang memikat. Lokasinya berada di Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel Sleman.


Grojogan Watu Purba
Foto: Yuda W Putra

Untuk bisa menikmati Bendungan Watu Purbo memang pas pada musim penghujan. Karena sebetulnya bendungan ini adalah Dam seperti umumnya yang ada di sungai-sungai aliran Merapi, yang dibangun untuk menahan aliran lahar dingin dari Merapi. Sehingga pada musim kemarau tidak banyak air yang mengalir.

Bendungan ini terletak di aliran Kali Krasak, yang sudah beberapa kali mendapat aliran lahar dingin dari Gunung Merapi. Sehingga para pengunjung sebaiknya mematuhi rambu-rambu peringatan yang ada, atau bisa mencari informasi ke warga sekitar terlebih dahulu demi keselamatan.

Grojogan Watu Purba
Foto: Yuda W Putra

Untuk menuju ke lokasi ini memang cukup menantang, hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua, sepeda atau sepeda motor. Jika Anda datang dari arah Yogyakarta melalui Jalan Magelang, sampai ke perempatan Tempel (sebelum Jembatan Krasak) silakan ambil arah ke utara (arah Kantor Camat Tempel), kemudian ikut jalur utama ke arah Desa Merdikorejo. Anda akan menemukan perempatan dengan Gerbang Desa Merdikorejo, silakan ambil arah lurus ke utara. Setelah di Balai Desa Merdikorejo silakan ambil arah ke barat (gunakan Google Maps).

Grojogan Watu Purba
Foto: Yuda W Putra

Postingan akun Facebook Yuda W Putra memperlihatkan keindangan air terjun atau Grojogan Watu Purbo Sleman. Selain mengunggaj foto-foto dan video, dalam postingan yang sudah dibagikan ratusan kali tersebut, Yuda juga memberikan caption menarik:

Permata sleman yang belum tergosok berkilau...

Grojogan Watu Purbo ini punya potensi bagus untuk dikembangkan jadi salah satu destinasi wisata yg menarik untuk dikunjungi. Bentuk dam yang bersaf saf ketika air nya banyak terlihat sangat keren. Untuk dijadikan spot selfie keliatan keren dan tidak ditemukan di lokasi Jogja lainnya. Artinya unik. Tinggal dirapikan, ditata dg konsep alami, dibuat tempat pengambilan foto yg bagus dan tepat dan tidak norak. Biarlah lebih terasa alami nya. Dan yg penting juga masyarakat diarahakan menjadi pengelola yg baik. Kalau untuk memviralkan tdk sulit. Saat ini akses jalan ke lokasi masih belum bagus.

Sayang hanya sekian meter dari air terjun ini masih ada penambangan pasir dan jika tidak dikendalikan malah akan merusak kondisi alam sana. Semoga Bapak Bupati Sleman Sri Purnomo beserta jajaran Pemda bisa mengambil langkah utk mempertimbangkan bagian penambangan dan untuk destinasi wisata. Kalau destinasi wisata berkembang warga tak hanya jadi penambang pasir merapi tapi naik level menjadi pengelola wisata yg dapat meningkatkan ekonomi setempat.

Semoga tempat ini kelak menjadi permata Sleman yang berkilau..
Sekedar opini warga sleman

Dan memang terlihat, pemandangan elok dari grojogan Watu Purba tersebut. Bisa menjadi wisata baru andalan Sleman jika dikelola dengan bijak. Bagi Kang Mas – Mbak Yu yang hendak ke sana, jangan lupa tetap utamakan keselamatan. Ikuti petunjuk dan rambu-rambu yang ada. [KM/03]

0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca