-->

Patut Ditiru, Widodomartani Menjadi Desa Pertama di Sleman Sebagai Kawasan Tanpa Rokok


Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman menjadi desa pertama dan satu-satunya di Sleman yang mendeklarasikan diris sebagai Kawasan Tanpa Rokok. Deklarasi ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Sleman Dra. Hj. Sri Muslimatun, M. Kes. di Balai Desa Widodomartani, Senin (29/4).

Wakil Bupati Sleman, Memukul Gong
Menandai Deklarasi KTR di Widodomartani
(Foto : slemankab.go.id)

Pendeklarasian tersebut berdasarkan SK Bupati Sleman Nomor 19.4/Kep.KDH/A/2019 tentang Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Sebagai Desa Kawasan Tanpa Rokok. Selain dekklarasi juga dikukuhkan 40 orang dari 19 padukuhan sebagai Satuan Tugas (Satgas) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Beberapa aturan yang diterapkan dan dipakati antara lain :

§  Tidak merokok di setiap pertemuan
§  Tidak merokok di dalam rumah
§  Tidak merokok di dekat ibu hamil dan anak
§  Tidak merokok di tempat ibadah.
§  Memasang stiker di setiap rumah
§  Merokok hanya di tempat khusus merokok.

Dalam kesempatan tersebut Wabup mnyambut baik komitmen untuk menjadikan Desa Widodomartani sebagai KTR. Ia pun mengakui hal tersebut sebagai langkah nyata dalam meningkatkan kesehatan warga. Meski demikian ia mengingatkan tentu tidak mudah menyadarkan seluruh warga untuk menjaga komitmen bersama. Tetapi ia yakin, mulanya mungkin merasa terpaksa tetapi lama kelamaan akan menjadi biasa dan menjadi budaya.


Sedangkan Camat Ngemplak Sri Wahyu Purwaningsih menjelaskan KTR bisa terwujud dengan upaya pendekatan dan memberikan edukasi kepada warga tentang pentingnya kesehatan dan memberikan informasi dampak buruk rokok. Ia pun bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sleman dan Puskesmas dalam proses sosialisasi.

Dengan deklarasi tersebut, kita harapkan akan terwujud KTR di Desa Widodomartani Ngemplak. Sebagai desa pertama dan satu-satunya yang berani menerapkan KTR di Kabupaten Sleman. Semoga desa lain segera menyusul karena dampak rokok memang merugikan kesehatan. [KM/03 || slemankab.go.id]

LihatTutupKomentar