-->

Tujuh Sendang di Sendangrejo dan Mitos Sendang Kapitu


Tujuh Sendang di Sendangrejo dan Mitos Sendang Kapitu. Tim Kabare Minggir pernah mengulas tentang Pabrik Gula Sendang Kapitu, yang merupakan Pabrik Gula terakhir yang dibangun Belanda di wilayah Yogyakarta.

Sendang Penjalin, yang kini telah menjadi lokasi wisata

Sebutan Sendang Kapitu bukanlah ada begitu saja. Kapitu artinya ketujuh. Berasal dari adanya tujuh Sendang yang dikeramatkan oleh sebagian warga Sendangrejo di zaman dulu. Ketujuh sendang itu adalah Sendang Jamur di sebelah Dusun Sidorejo, yang didekatnya pernah dibangun rumah makan Sendang K-Pitoe. Kemudian Sendang Penjalin di Jonggrangan, Sendang Siandong di Ngaran, Sendang Tarungan, Sendang Jarakan, Sendang Dilahan Gunung So dan Sendang Butuhan.


Beberapa Sendang tersebut kini masih digunakan warga sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari-hari. Seiring pertumbuhan pemukiman dan pembangunan di sekitarnya, kini kesan mistis tidak sekuat dahulu. Apalagi Sendang Penjalin, yang dikatakan sebagai pusat dari Ketujuh Sendang tersebut kini telah dipugar dan dijadikan lokasi outbond.

Meskipun demikian, keberadaan Sendang-sendang tersebut menandakan adanya ikatan yang kuat antara warga dengan alam. Alam menyediakan sumber air bagi kehidupan warga. Dan warga menjaga sumber air dengan menanam pohon-pohon di sekitar sendang. [KM/03]

LihatTutupKomentar