-->

Kecamatan Ngemplak Miliki Kampung Literasi Pertama di DIY


Kabare Minggir – Bukan rahasia lagi jika minat baca di Indonesia termasuk rendah dibanding negara ASEAN lain. Budaya baca belum merata ke segala lapisan masyarakat. Terlebih, bahan-bahan literasi harus diperoleh dengan harga relatif mahal karena terkena pajak.

bupati sleman sri purnomo
Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, M.Si.

Meski demikian sebuah usaha nyata dilakukan Dusun Karanganya, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman. Melalui kerjasama antar warga dengan pemerintah setempat, mereka mampu membentuk Kampung Literasi Wijaya Kusuma. Kampung tersebut sudah diresmikan pada 2018 lalu.

Ini merupakan kampung literasi pertama di DIY, tetapi bukan menjadi yang pertama di Indonesia. Karena pendirian kampung literasi sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu. Dan sampai saat ini terdapat tidak kurang dari 85 kampung literasi se-Indonesia.

Keberadaan kampung literasi tersebut diharapkan mampu mendukung terbentuk Sleman Smart Regency yang ditarget tercapai pada 2021. Dengan salah satu indikatornya berupa meningkatnya minat baca masyarakat. Menurut rencana akan dibangun 35 kampung literasi se-Sleman. [KM/03]

LihatTutupKomentar