-->

Bandara Kulon Progo Batal Diresmikan


Rencana peresmian Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) akhirnya batal diresmikan pada Senin (29/4). Sebelumnya bandara ini ditargetkan bisa beroperasi awal April atau sebelum Pemilu, tetapi target tersebut meleset. Bahkan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, juga mengungkapkan pembangunan bandara tersebut tidak perlu tergesa-gesa. 

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)
Sumber: Humas Pemda DIY

YIA semula bernama New Yogyakarta International Airport (NYIA) tetapi kemudian diganti karena kata 'New' yang berarti 'baru' tidak bisa selamanya pas digunakan.

Menurut Direktur PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, seperti dikutip detik.com, peresmian bandara ditunda dan tidak diketahui sebabnya. Bandara YIA sudah memperoleh sertifikat banda udara karena telah memenuhi syarat minimum keselatan dan keamanan.

Sementara itu beritasatu.com memberitakan, meskipun sudah memperoleh sertifikat Bandar Udara (SBU) dari Kementerian Perhubungan pada 26 April 2019, tetapi belum ada maskapai yang mendapatkan izin untuk melakukan penerbangan di YIA dari Kementerian Perhubungan.

PT Angkasa Pura I membangun bandara baru tersebut secara bertahap serta mengoperasikannya pada April 2019. Demikian disebutkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara baru di Kulon Progo DIY, Pasal 8. Sehingga targetnya YIA sudah dapat dioperasikan pada April 2019. [KM/05]

LihatTutupKomentar