Back To Top

Kabare Minggir – Bagi generasi kini, tidak banyak yang tahu di Minggir pernah berdiri pabrik gula (PG) cukup terkenal yang dinamakan PG Sendangpitu. Menurut catatan sejarah pabrik ini dibangun oleh Belanda pada 1922. Sekaligus merupakan pabrik gula terakhir yang dibangun di Yogyakarta.

PG Sendangpitu terletak di Sendangrejo Minggir, tepatnya di lokasi yang sekarang menjadi lapangan Padon. Jika kita melihat di bagin timur, masih tersisa bekas bangunan pabrik gula. Tidak heran jika sebagian masyarakat menyebutnya dengan lapangan mbabrik (dari kata pabrik).

pabrik gula sendangpitu minggir
Sumber: Youtube Agus Yuniarso

Selain PG Sendangpitu, di Yogyakarta setidaknya terdapat 18 pabrik gula lain yang dibangun Belanda. Di antaranya PG Cebongan, PG Medari, PG Sewugalur, PG Gesikan, PG Bantul, PG Gondanglipuro, PG Barongan, PG Demakijo, PG Rewulu, PG Padokan, PG Sedayu, PG Klaci, PG Kedaton Pleret, PG Pundong, PG Kalasan, PG Randugunting, PG Beran, dan PG Wonocatur.


Meski demikian sebagian besar kini tinggal sejarah dan tidak lagi tersisa bangunannya. Satu-satunya yang masih beroperasi adalah PG Padokan yang sempat hancur saat agresi militer Belanda II, kemudian dibangun kembali oleh Sri Sultan HB IX pada 1959.

PG tertua yang dibangun Belanda ialah PG Gondanglipuro di Ganjuran Bantul pada 1862. Sedangkan yang paling akhir PG Sendangpitu di Minggir Sleman pada 1922. Semoga sejarah PG Sendangpitu dan kisah perjuangan para pahwalan bangsa tetap melekat di ingatan kita. [KM/03]


2 comments:

  1. Sayangnya reruntuhan & bekas pondasi yg dulu sudah ga ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang butuh perhatian khusus untuk merawat benda dan bangunan bersejarah,sebab umumnya banyak org tidak peduli.

      Delete

Paling Banyak Dibaca