Back To Top

Kabare Minggir – Satu lagi lokasi menawan yang bisa Anda pilih sebagai tempat wisata. Selain menyuguhkan suasana pedesaan yang asri, desa wisata ini cukup komplit dengan bentang alam yang dimilikinya. Betapa tidak, gemericik air akan selalu tersaji dari aliran selokan yang bersumber dari irigasi Van der Wijk. Belum lagi, keberadaan sebuah mata air yang disebut Sendang Penjalin.

Kegiatan Outbond di Desa Wisata Jonggrangan

Tak sampai di situ, hamparan sawah juga bisa kita nikmati. Letaknya yang berundak memungkinkan jangkauan pandang meluas. Saat memasuki Desa Wisata ‘Widya Budaya’ Jonggrangan ini, sebuah gapura terbuat dari bambu beratapkan semacam dedaunan kelapa siap menyambut. Untuk menjangkau lokasi ini, jalanan pun relatif sudah bagus.

Memasuki lokasi wisata, kita akan disuguhkan aliran selokan yang cukup deras. Menurut warga setempat, meskipun kemarau aliran air tersebut  tak pernah kering. Di sebelah kanan, akan terlihat sebuah bangunan mirip ‘joglo’. Dengan teduhan pepohonan yang tinggi. Jika kita amati dari dekat, kita akan menemukan tangga ke arah bawah menuju mata air yang ditampung dalam sebuah kolam dengan sekat-sekat. Inilah yang disebut Sendang Penjalin, yang dimanfaatkan warga sekitar sebagai sumber air untuk mandi dan mencuci.


Kita bisa ke arah barat, berjalan di pinggiran selokan dan menyusuri pematang sawah. Di sana ada pemandangan tidak kalah eksotisnya, berupa Gunung Tugel. Memang lumayan menguras energi karena jalan yang harus dilalui naik turun. Jika pada musim tanam, maka hamparan sawah menghijau akan tersaji. Lokasi di seputaran Gunung Tugel sudah lumayan tertata. Sebuah air mancur dengan kolam di sekelilingnya mempercantik pandangan. Warga sekitar pun sudah menyiapkan sarana pendukung berupa toilet.

Jika mau, Anda juga bisa bermaain air, menyusuri aliran sungai yang tepat berada di sisi utara Gunung Tugel. Begitupun di bagian barat, aliran Sungai Progo menjadi daya tarik tersendiri.

Merasakan Outbond dan Mencicip Nira

Untuk mendukung perkembangan Desa Wisata Jonggrangan, karang taruna setempat bersama warga menyiapkan paket outbond dengan pilihan harga dan fasilitas bervariasi. Selain itu, aneka produk lokal pun siap dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Produk lokal yang menjadi andala Desa Wisata Jonggrangan berupa Nira, air dari pohon kelapa yang biasa digunakan sebagai bahan Gula Jawa. Selain itu ada pula yang sudah diolah berbentuk gula jawa, maupun gula semut. Ada pula beragam keripik, serta bahan minuman kesehatan berupa gujahe, paduan gula jawa dan jahe.


Desa Wisata Jonggrangan terletak di Dusun Jonggrangan Desa Sendangrejo Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman. Untuk mencapainya tidak begitu sulit, karena dekat dengan Pasar Balangan dan Rumah Makang Mang Engking. Jika dari arah Yogyakarta, bisa melewati jalur Terminal Jombor ke barat lurus, sampai perempatan Balangan. Di sebelah barat perempatan terdapat selokan Van der Wijk, dan terdapat gang masuk kampung ke arah utara. Ikut jalur tersebut.

Demikian juga jika dari arah Magelang-Semarang, Anda bisa ambil arah ke selatan di trafic light Tempel setelah jembatan Krapyak. Ikut jalur sampai arah Balangan. Kemudian ambil arah ke kanan. [KM03]

0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca