-->

Mengenal Posisi Jantung Dalam Tubuh Manusia

Jantung merupakan organ penting bagi manusia. Posisi jantung dalam tubuh manusia berada di antara paru-paru. Berada di bagian tengah dada dan agak bergeser di sebelah kiri. Tidak heran jika banyak yang menyebut letak jantung adalah pada dada sebelah kiri. Jantung terlindungi oleh tulang dada yang memungkinkan terjaga dari adanya benturan luar.

posisi jantung dalam tubuh
Posisi jantung manusia (ilustrasi : pixabay.com)


Meskipun menjadi organ vital untuk manusia, tidak sedikit orang yang bahkan kurang mengenal tentang jantung. Mengenai ukuran, setiap orang memiliki ukuran berbeda-beda, namun umumnya jantung seukuran kepalan tangan. Fungsi utama jantung adalah memompa aliran darah agar terdistribusi ke seluruh bagian tubuh manusia.

Anatomi Jantung Manusia

Jantung memiliki anatomi yang unik. Karena fungsinya yang bekerja terus-menerus maka bagian-bagian dalam jantung harus kuat. Menjaga kesehatan jantung penting untuk dilakukan karena terganggunya fungsi jantung bisa berpengaruh kepada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jantung mengalirkan darah yang mengandung oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Pada orang dewasa, dalam sehari ditaksir jantung harus mengalirkan 14.000 liter darah. Sehingga fungsinya sangat vital dan membantu kerja organ-organ tubuh yang lainnya.

Secara anatomi jantung terdiri dari empat bagian yakni serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri. Masing-masing bagian tersebut dibatasi lapisan dinding yang disebut septum. Berikut fungsi masing-masing bagian jantung.

Pertama, serambi kanan. Serambi kanan berisi darah kotor atau darah yang mengandung sedikit oksigen. Darah ini kemudian akan dialirkan ke bilik kanan. Ketika masih janin antara serambi kanan dan serambi kiri terdapat lubang yang memungkinkan sirkulasi darah bersih secara langsung. Namun seiring pertumbuhan janin dan ketika bayi lahir, lubang ini akan menutup.

Kedua, Bilik Kanan bertugas memompa darah kotor pada serambi kanan agar mengalir menuju paru-paru. Darah yang mengandung karbondioksida akan diganti dengan darah yang kaya oksigen.

Ketiga, Serambi Kiri. Bertugas menerima darah bersih yang kaya oksigen dari paru-paru yang masuk melalui pembuluh balik (vena pulmonalis).

Keempat, Bilik Kiri. Berfungsi memompa darah bersih dari paru-paru untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Beberapa Gangguan Jantung

Seiring bertambahnya umur kerja jantung juga akan mengalami penurunan. Maka diperlukan perhatian untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Di antaranya dengan menjaga pola makan, berolah raga dengan cukup serta menghindari perilaku yang berpotensi membuat kerja jantung memburuk.

Beberapa gangguan jantung yang sering ditemukan antara lain gagal jantung, serangan jantung, jantung koroner dan lain-lain.

Jantung koroner, merupakan penyakit jantung diakibatkan adanya penyempitan pembuluh darah pada jantung.

Gagal jantung, merupakan kondisi dimana terjadi kegagalan otot jantung untuk memompakan darah secara normal ke seluruh tubuh.

Penyakit jantung bawaan, adalah penyakit jantung yang terjadi sejak bayi. Masalah yang sering terjadi adalah kebocoran pada katup jantung.

Untuk memastikan kesehatan jantung terjaga dengan baik, perlu juga kiranya secara rutin memeriksakan kesehatan jantung.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Sebagai organ vital bagi manusia, maka sangat perlu untuk menjaga kesehatan jantung. Sebagian penyakit jantung timbul karena adanya pola hidup yang tidak sehat.  Sehingga beberapa penyakit jantung seperti jantung koroner dan gagal jantung bisa diminimalkan dengan menerapkan pola hidup sehat. Di antaranya dengan tidak merokok atau menghindari paparan asap rokok dari perokok aktif. Perlu juga secara rutin memeriksa gula darah, kolesterol dan tekanan darah. Selain itu mengkonsumsi makanan yang rendah gula, rendah lemak dan mengandung banyak serat. [r]

LihatTutupKomentar