-->

Melatih Anak Menabung dengan Benar

Mengajarkan anak untuk menabung sejak dini memiliki banyak manfaat. Maka penting bagi orang tua memberikan edukasi tentang cara menabung yang benar sehingga anak-anak akan memiliki kebiasaan menabung. Tidak sekadar terkait dengan urusan pengelolaan keuangan ternyata menabung sejak dini dapat membantu membentuk beberapa sikap positif dalam diri anak.

cara menabung yang benar
Menabung untuk membeli rumah (ilustrasi/pixabay.com)

Anak yang diajari menabung akan memiliki kedisiplinan dalam pengelolaan finansial sehingga tidak mudah untuk membelanjakan uang demi menuruti keinginan. Di zaman digital yang memungkinkan orang dengan mudah bisa belanja secara online bermodal gawai penting untuk bisa membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

Selain itu perlu juga memberikan pengertian tentang pentingnya mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan. Jika diajari sejak kecil mereka akan mempunyai kebiasaan mencatat untuk apa saja uang dibelanjakan. Anak-anak belum memiliki sumber penghasilan, mereka perlu dipahamkan bahwa tidak mudah untuk mendapatkan uang. Sehingga mereka dapat lebih menghargai uang yang mereka punya.

Menabung sejak dini juga bermanfaat untuk melatih kemandirian serta anak-anak memiliki dana cadangan tersendiri. Menyisihkan secara rutin uang meskipun tidak dalam jumlah banyak, misalkan Rp1000 setiap hari dalam satu tahun akan terkumpul uang yang bisa untuk membeli perlengkapan sekolah mereka. Dengan cara ini anak akan merasakan apa yang dia lakukan akan memberikan manfaat di masa depan.


Kesulitan Menabung, Ikuti Tips Berikut

Berbeda dengan anak-anak. Menabung bagi orang dewasa membutuhkan kesungguhan dan konsistensi. Karena mereka harus mengusahakan sendiri uang yang akan ditabung sekaligus harus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tetapi tidak ada yang mustahil, pekerja dengan gaji kecil pun bisa menabung asalkan melakukannya dengan cara yang tepat.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan bagi Anda yang kesulitan membiasakan diri menabung.

Pertama, menetapkan tujuan menabung. Terkadang orang menabung yang penting menyisihkan dan menyimpan uang di tempat tertentu atau di bank. Tetapi meraka tidak memiliki rencana pasti untuk apa tabungan tersebut. Sehingga uang yang ada seolah hanya sebagai dana cadangan untuk kebutuhan mendadak. Karena tidak ada rencana, maka target pun biasanya akan terabaikan.

Beda jika Anda memiliki tujuan menabung untuk membeli rumah. Maka sudah memiliki kalkulasi berapa uang yang harus disimpan setiap bulan dan dalam jangka waktu berapa waktu uang yang dibutuhkan tersedia. Dengan cara ini, setiap bulan akan memiliki keinginan untuk memenuhi target tersebut.

Kedua, mencari penghasilan tambahan. Bagi yang memiliki gaji terbatas dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Maka opsi ini bisa diambil, dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki. Misalkan bagi para pekerja kantoran atau karyawan perusahaan bisa mencoba jualan online atau menjual jasa sesuai keahlian. Uang hasil kerja sampingan ini bisa dialokasikan untuk ditabung.

Ketiga, mengurangi pengeluaran. Menetapkan skala prioritas yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Bagi perokok, pilihan berhenti merokok bisa dicoba. Begitu pula yang hobby traveling, bisa melakukan kalkulasi lagi mengenai biaya yang dibutuhkan. 


Bagaimana Cara Menabung yang Benar?

Pertama, menetapkan tujuan menabung. Menetapkan tujuan menabung ibarat energi yang akan memberikan motivasi setiap kali semangat menabung mengendor. Dengan tujuan yang jelas, menabung menjadi seperti sebuah proses step by step.

Kedua, memisahkan rekening tabungan. Selain memudahkan pengelolaan, dengan memisahkan rekening tabungan dan rekening harian maka peluang berkurangnya dana tabungan akan lebih bisa diminimalisir.

Ketiga, memulai dalam jumlah sedikit. Tidak perlu langsung besar, menabung bisa dimulai dari jumlah kecil sembari menyesuaikan kebutuhan yang lain. Jumlahnya bisa ditambah secara bertahap.

Keempat, autodebit. Dengan cara ini maka tidak perlu repot lagi transfer uang ke rekening tabungan. Otomatis akan membantu untuk lebih disiplin dalam menabung.

Menabung memang memiliki banyak manfaat namun tidak mudah untuk melakukannya. Diperlukan tekad yang kuat dan konsistensi agar kebiasaan baik menabung bisa terus berlangsung. [r]


LihatTutupKomentar