-->

Penyebab Bau Ketiak Pada Baju dan Cara Mengatasinya

Bau badan seringkali membuat seorang kurang percaya diri untuk bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Apalagi bau tersebut menempel awet pada baju. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau ketiak di baju? Aroma tidak sedap tersebut berasal dari keringat yang sudah bercampur dengan bakteri. Dalam tubuh manusia terdapat kelenjar keringat yang disebut apocrine (apokrin) dan eccrine (ekrin). Kedua kelenjar inilah yang menghasilkan keringat.

bau ketiak pada baju
Bau pada baju (pixabay.com)

Keringat mempunyai manfaat penting dalam metabolisme tubuh manusia. Selain berguna menjaga suhu tubuh dalam kondisi normal meskipun beraktifitas dengan berat, keringat juga berguna membuang racun dari dalam tubuh seperti garam, alkohol, dan kolesterol. Maka keringat bisa digunakan untuk memantau kadar racun dalam tubuh manusia.

Pada dasarnya keringat tidak berbau, tetapi ketika bercampur dengan bakteri maka akan menghasilkan bau tidak sedap. Bakteri tersebut bernama staphylococcus hominis, yang bereaksi dengan memecah molekul keringat sehingga berubah menjadi senyawa thioalcohol. Senyawa ini mirip dengan apa yang terdapat pada bawang sehingga menghasilkan bau seperti bawang, belerang maupun daging.

Kondisi setiap orang memiliki perbedaan, sehingga tingkat bau badan pun berbeda-beda. Para peneliti menyimpulkan pada lelaki cenderung lebih tinggi potensinya terjadinya bau badan ketimbang perempuan. Faktor lain yang turut berpengaruh adalah jenis kain yang digunakan untuk membuat baju. Bahan dari katun dan polyester menjadi tempat yang cocok untuk berkembangbiak bakteri staphylococcus hominis


Mengapa Ketiak Menjadi Sumber Bau Badan

Ketiak menjadi bagian tubuh yang dianggap sebagai sumber bau badan. Pada ketiak terdapat kelenjar kelenjar apokrin yang memproduksi keringat dan banyak mengandung protein dan asam lemak. Selain pada ketiak, apokrin juga terdapat ada bagian dada dan area kelamin. Pada saat pubertas, kelenjar ini akan lebih aktif memproduksi keringat. Tidak heran jika pada usia remaja bau badan akan lebih cenderung tajam.


Selain itu pada ketiak terdapat bulu yang menjadi tempat bakteri berkembangbiak. Maka sebagian ahli mengungkapkan mencukur bulu ketiak dapat mengurangi munculnya bau badan. Menjaga kebersihan ketiak menjadi solusi dalam meminimalkan bau yang muncul. Jika menggunakan deodorant, harus memilih deodorant yang tepat karena masing-masing deodorant memiliki komposisi bahan yang berbeda.


Cara Mengurangi Bau Ketiak Pada Baju

Bau ketiak pada baju terkadang sulit dihilangkan meskipun sudah dicuci dengan menggunakan cuka, baking soda maupun softener. Katun dan polyester menjadi pilihan bahan baju yang digemari. Selain ringan dan nyaman, polyester juga relatif cepat kering. Namun ternyata polyester menjadi tempat yang disukai bakteri untuk berkembangbiak sehingga berpotensi menghasilkan bau badan yang tajam.


Untuk menghilangkan bau ketiak pada baju, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

  1. Memanfaatkan sinar matahari. Jika baju tidak segera dicuci, maka dapat memanfaatkan sinar matahari untuk mengurangi bau. Atau bisa juga dengan sekadar membiarkan baju terkena udara terbuka.
  2. Menggunakan garam. Sifat alkali yang ada pada garam dapat mengurani bau pada pakaian, khususnya area ketiak. Cara paling simpel yakni dengan mencampurkan garam pada air di mesin cuci. Hanya saja perlu memperhatikan warna pakaian yang akan dicuci. Umumnya garam digunakan pada pakaian berwarna, karena kandungan klorida dalam garam berguna untuk menjaga keawetan warna. Untuk baju berwarna putih, biasanya memanfaatkan cuka putih.
  3. Baking soda. Baking soda mampu menetralisir bau, tidak hanya pada baju tetapi juga pada ruangan maupun perabot lainnya. Untuk menghilangkan bau pada baju, baking soda dicampur dengan sedikit air sehingga menjadi pasta. Kemudian dioleskan pada bagian ketiak baju dan diamkan lebih kurang 15 menit sebelum dicuci dengan sabun.
  4. Pasta gigi dan sampo. Jika tidak mau ribet, Anda bisa memanfaatkan pasta gigi dan sampo. Cara penggunaannya hampir sama, dengan cara dioleskan di bagian ketiak baju dan diamkan beberapa saat sebelum baju dicuci.
  5. Menggunakan cuka. Cuka juga sering digunakan untuk mengurangi bau pada baju. Cuka dapat dicampur langsung pada mesin cuci, maupun dilarutkan dalam air yang digunakan untuk merendam baju.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau ketiak di baju. Selain memperhatikan proses pencucian baju, ada baiknya juga melihat faktor penyebab bau badan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, menjaga kebersihan badan maupun mencukur bulu ketiak. [r]


LihatTutupKomentar