-->

Harvest Mind, Kisah Para Petani Muda dari Purbalingga

Nama Harvest Mind mulai dikenal beragam kalangan di Indonesia. Kiprahnya dalam membangun bangsa tidak perlu diragukan lagi. Mereka membangun dengan kerja paling dasar dan sangat dibutuhkan rakyat Indonesia, bertani! Menyediakan pangan bagi banyak orang. 

Harvest Mind, Kisah Para Petani Muda dari Purbalingga
Instagram @harvestmind


Harvest Mind menyebutkan kisah awal perjalanan mereka terjadi bukan tanpa sebab. Sekelompok anak muda yang sudah saling terkoneksi, awalnya tertarik dengan dunia pustaka. Sampai terjadinya konflik agrarian pembagunan Bandara YIA di Kulon Progo. 

Petani Muda Purbalingga

Di sanalah beberapa anggota Harvest Mind bertemu dengan seorang yang dianggap menjadi guru. Sekembali mereka bertekad membentuk komunitas bernama Black Farm Municipal. Meskipun menjadi petani, mereka tetap bisa bekegiatan sosial, berkesenian dan sebagainya.

Bahkan mereka mengaku menemukan spirit baru dalam kegiatan dan kehidupan mereka setelah bertani.
Belajar dari titik bawah, mereka gigih bereksperiman dalam pertanian. Mereka kembangkan produksi beras organik, mereka coba pertanian dengan memadukan perikanan, mina padi.

Meski ke sawah, gaya berpakaian mereka tetap anak muda. Modis dan keren. Seolah ingin menunjukkan bahwa bertani tidak selalu identik dengan lusuh dan kumal.

Harvest Mind, Kisah Para Petani Muda dari Purbalingga
Instagram @harvestmind

Bertani adalah kehidupan. Ada senyuman, ada canda, ada tawa, ada rasa persaudaraan dan empati. Tanpa basa-basi.

Kepada kita, Harvest Mind menjadi cermin, bahwa menjadi pahlawan bangsa tidak harus selalu tampil di depan. Bahkan dalam pojok terpencil sekalipun, ketika banyak orang mendapatkan manfaat dari hasil usaha kita, maka itulah pahlawan sesungguhnya.


Black Farm Municipal, Harvestmind dan Kelompok Tani Porogapet merupakan sekumpulan anak muda yang ‘berjodoh’. Mereka menyadari bahwa kita terlahir tidak sendirian.

Alamat Harvestmind Purbalingga

Untuk menjalin silaturahmi dengan mereka, bisa kontak : 
Email : blackfarm@riseup.net
Instagram : Harvestmind
Twitter : @TaniHitam
Facebook : Kelompok Tani Porogapet
Silaturahmi : Syarekat Porogapet

Alamat Harvest Mind Petani Purbalingga
Dusun 2, Karangpetir, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

LihatTutupKomentar