-->

Resep Belalang Goreng Sambel Bawang

Kang Mas - Mbak Yu, di sekitar kita tanpa kit sadari banyak sumber makanan yang kaya nutrisi dan layak kita konsumsi. Satu di antaranya adalah belalang.

Di Gunungkidul DIY, belalang menjadi makanan khas. Pada musim tertentu belalang banyak ditemukan di sana.


Resep Belalang Goreng Sambel Bawang
Resep Belalang Goreng Sambel Bawang

Bagi teman-teman Muslim, bahkan belalang menjadi hewan khusus yang disebutkan dalam hadis atau perkataan Nabi, bahwa ada dua hewan yang halal dimakan meskipun sudah menjadi bangkai atau mati sebelum disembelih, yakni ikan dan belalang.

Resep Belalang Goreng Sambel Bawang
Belalang

Penelitian modern mengungkap, kenapa dua hewan ini halal dimakan meski tanpa disembelih, ternyata karena dalam ikan dan belalang tidak ada darah yang harus dikeluarkan seperti hewan-hewan lain. Karena dalam darah hewan lain terdapat sejumlah kotoran (virus/bakteri/kuman) yang harus dialirkan bersama darah saat disembelih.

Nah dalam ikan dan belalang ternyata tidak harus demikian.

Baik, kali ini Tim Redaksi Kabare Minggir akan menyajikan sebuah resep dari Chef Kangmas Apin. Berikut tulisan selengkapnya.

Belalang Goreng Sambel Bawang

------

Efek jenuh #dirumahaja , sesekali bolehlah keluar menghirup udara persawahan menikmati segala keindahan kanan kiri padi menguning. 

Terlihat kerumunan belalang di pohon pisang, seketika langsung pingin experimen goreng belalang.

Sapa sangka belalang kaya akan protein dan nutrisi, tetapi makanan ini saya rekomendasikan untuk yang berani dan tidak ragu.

Karena ada beberapa orang yang alergi makanan ini. Langsung saja kita cari belalang untuk menangkapnya mudah tinggal kecup dengan dua tangan tapi hati-hati ada duri di kakinya.

Cara mengolahnya pun mudah dan simpel cukup direbus ungkep dengan bumbu dan goreng.

Tips membersihkan Belalang dan cara mengolahnya:

1. Rendam belalang dalam air hingga mati
2. Potong duri kaki
3. Lepaskan sayapnya
4. Pegang bagian tengkuk belah jangan sampe putus keluarkan isi perutnya cuci bersih
5. Bumbu cukup bawang uyah (garam + bawang putih) anda bisa juga menggunakan bumbu-bumbu pawon seperti bawang putih, bawang merah, jahe, laos, daun salam dll. sesuai selera. Garam, gula merah, sesuai selera
6. Rebus air masukan bumbu halus dan belalang masak hingga air menyusut dan matang lalu angkat dan tiriskan
7. Siapkan wajan, goreng hingga kering
8. Belalang goreng siap dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan sambel bawang.

Semoga menu kali ini bisa menjadi menu alternatif jika bosan dengan menu yang biasa. Ketersediaan Belalang saat ini di persawahan Minggir khususnya masih sangat banyak jadi tak perlu khawatir habis .

Baca Juga : Resep Puding Lapis Bunga Telang

Silahkan main ke sawah ladang, selain membantu mengurangi populasi hama bagi petani tetapi juga bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi.

Selamat mencoba.

[KM/02 | FB KangmasApin]


LihatTutupKomentar