-->

Matur Nuwun! BCS Serahkan Hazmat Suite ke Puskesmas Minggir


Di tengah gempuran Virus Corona yang terus merajalela. Kepedulian sebagai manusia seolah tergugah. Selalu ada hikmah di balik semua peristiwa. Termasuk Corona. Begitu tulis Mutiara Jumat di Harian Kedaulatan Rakyat beberapa waktu lalu.

BCS serahkan bantuan APD ke Puskesmas
Foto : Twitter @riversidepss

Kepedulian akan ketersediaan alat pelindung diri (APD) diwujudkan Brigata Curva Sud (BCS), salah satu kelompok supporter terbaik dunia yang loyal mendukung PSS Sleman. Seperti diunggah akun twitter @riversidepss pada Senin, 6 April 2020. Mereka menyerahkan sejumlah Hazmat Suit ke Puskesmas Minggir.

“Mewakili teman2 @BCSxPSS_1976 menyerahkan Hazmat Suite ke PUSKESMAS Minggir,” tulis akun tersebut.

Ia melanjutkan, “Sebagai faskes pertama, PUSKESMAS  sangat membutuhkan APD. 
Terima kasih teman-teman.”


Sampai berita ini ditulis, foto tersebut mendapat sambutan meriah dari warganet. Puluhan orang meretweet dan ratusan meberikan like.
“Panjang umur hal-hal baik” cuit @Skinsfer1976

Apakah Hazmat Suit?

Hazmat Suit merupakan kependekan dari Hazardous Material Suit pakaian yang dirancang untuk melindungi tubuh dari paparan virus. Tahan air dan zat apapun sehingga tidak menyentuh badan pemakainya.

Karena fungsinya yang demikian cara melepaskan pakaian ini pun dengan aturan ketat. Dilepas sebelum pemakai meninggalkan ruang isolasi tanpa boleh menyentuh bagian luar pakaian.

Penggunaan Hazmat Suit dilengkapi dengan kacamata dan kaos tangan yang dirancang khusus.


Harga satu set Hazmat Suit berada di kisaran puluhan hingga ratusan ribu. Menjadi mahal karena pakaian ini hanya sekali pakai.

Hazmat suite yang sudah dipakai tidak bisa digunakan lagi karena sudah dianggap terkontaminasi virus.

Indonesia Kekurangan Hazmat Suit

Indonesia diprediksi membutuhkan jutaan hazmat suit. Saat ini harga dipasaran ada yang mencapai Rp500 ribu per unit. Faktor yang mengakibatkan satu di antaranya karena adanya calo.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pemerintah menggandeng badan usaha milik Negara (BUMN). Namun Menteri BUMN, Erick Thohir beberapa waktu lalu menyebut tidak sanggup jika harus memenuhi semua kebutuhan APD.

Panjang umur hal-hal baik!

Sementara jumlah pasien positif Corona terus mengalami penambahan. Sampai 5 April 2020 jumlahnya sudah mencapai 2000-an pasien.

Maka kepedulian dari warga masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung tenaga medis menghentikan penyebaran Virus Corona.

Panjang umur hal-hal baik! [KM/03]

LihatTutupKomentar