-->

Aina Mulyana Blogger dan Guru Inspiratif Pemilik Blog Pendidikan ainamulyana.blogspot.com


Aina Mulyana merupakan nama yang cukup dikenal di kalangan blogger Indonesia. Ia mengelola blog pendidikan ainamulyana.blogspot.com. Pria asal Pandeglang Banten ini berprofesi sebagai guru atau pendidik. Berbekal pengetahuan yang ia miliki, kemudian ditulis dan dituangkan dalam blog.

blog pendidikan
ainamulyana.blogspot.com

Kabarnya, Aina Mulyana kini menjadi seorang pengawas pendidikan. Blog ainamulyana.blogspot.com menempati rangking 500 besar dalam kategori website di Indonesia.

Ini merupakan pencapaian cukup bagus untuk sebuah blog yang dikelola secara personal.
Apa yang dilakukan Pak Aina Mulyana terlihat cukup sederhana. Ia menuliskan seputar dunia yang setiap hari digelutinya : Pendidikan.

Tidak heran jika blog ainamulyana.blogspot.com banyak berisi tentang Materi Pembelajaran, Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Tendik), RPP, PNS, Regulasi tentang Pendidikan dan Contoh Soal-soal bagi siswa dan sebagainya.

Keunikan Blog Pendidikan Aina Mulyana

Keunikan blog aina mulyana di antaranya terletak pada domain bawaan dari google yang tidak diubah. Tetap menggunakan domain gratisan blogspot.com dan tidak diupgrade menjadi top level domain (TLD) semisal .com/net/id dan semacamnya.

Platform yang digunakan otomatis langsung ketahuan menggunakan blogger alias hosting gratis.

Ini menjadi jawaban sekaligus bukti, bahwa blogger tidak kalah dengan wordpress dalam urusan peringkat di google. Meskipun sebagian beranggapan lebih mudah melakukan optimasi di search engine jika menggunakan wordpress.

Namun ternyata dengan konten yang berguna, lengkap dan terus diupdate secara rutin maka peringkat blog ainamulyana pun tergolong bagus.

Gambar ilustrasi yang disajikan di blog ini tergolong sederhana. Menampilkan gambar ilustrasi yang diambil dari situs lain atau screenshoot kemudian diberi tulisan watermark nama blog aina mulyana.

Perbandingan dengan Blog Pendidikan Lain

Melalui pengecekan dengan alexa.com pada awal April 2020, terlihat blog ainamulyana.blogspot.com menempati rangking secara global 19.647. Ini merupakan peringkat yang bagus untuk kategori blog pendidikan.


blog pendidikan
www.alexa.com

Sedangkan dalam peringkat Nasional Indonesia, ainamulyana.blogspot.com mampu bertengger di urutan 434.

Blog ini mampu mengungguli blog pendidikan serupa yang menggunakan top level domain seperti : sekolahdasar.net (34.045), amongguru (45.702), websiteedukasi.com (53.302) dan bosmedia (54.914). Ini merupakan data yang kami ambil dari alexa pada awal april 2020.

Usia dan Jumlah Artikel ainamulyana.blogspot.com

Saya kemudian mencoba melihat usia blog tersebut menggunakan situs whois.domaintools.com. Hasilnya terlihat blog ini sudah dibuat sejak tahun 2000 lalu, atau 20 tahun lalu.

Sebuah usaha yang sangat konsisten, dengan waktu selama itu untuk merawat sebuah blog hingga memiliki peringkat bagus di alexa maupun situs pencarian google.

blog pendidikan
whois.domaintools.com

Kini dengan perkembangan teknologi yang ada, memang cukup terbuka peluang bagi siapapun yang mengembangkan sebuah blog atau website tidak terbatasi dengan lokasi desa atau kota.

Bahkan beberapa blog khususnya yang bertema pendidikan dan dikelola secara personal, merupakan blog yang dimiliki para guru dan bertempat tinggal di pedesaan. Jauh dari keramaian kota.

Konsistensi dan ketekunan membuat blog-blog yang awalnya dipandang sederhana ternyata mampu bertahan dan menjadi rujukan banyak orang untuk mendapatkan informasi.

Kunci Sukses Pengelolaan Blog

Para blogger memimpikan peringkat blog mereka meningkat dari hari ke hari. Dengan pengunjung yang terus bertambah. Karena dengan visitor yang banyak, berarti peluang untuk mendapatkan keuntungan juga terbuka, khususnya bagi blog yang memang didesain untuk mencari uang.

Tetapi kini, dengan era sosial media, khususnya Whatsapp yang begitu mudah diakses. Banyak orang lebih suka membaca pesan di WA yang bisa dibagikan secara cepat dan dalam jumlah banyak.

Mereka tidak perlu lagi mengunjungi website sumbernya. Fasilitas WA memungkinkan membagikan teks, dokumen, foto bahkan video dengan cepat.


Belum lagi hadirnya media online besar yang menyasar banyak keyword di dunia blogging. Hampir semua mereka sasar dan kuasai.

Bayangkan, situs berita nasional, tiba-tiba mengulas tema-tema seperti : cara mendapatkan jodol menurut Islam, hukum shalat idul fitri dalam Islam, syarat dan rukun ibadah haji, dan sebagainya.

Dulu tema-tema tersebut hanya kita temukan di media bercorak keagamaan atau media Islam. Tetapi kini semua dibabat oleh media berita online.

Media berita online dikelola secara tim dan terstruktur, ini membuat mereka bisa menghasilkan puluhan posting setiap hari. Berbeda dengan blog personal yang kadang hanya satu atau dua postingan per hari.

Maka kunci penting saat membangun blog adalah niat yang kuat untuk menghadirkan kemanfaatan. Jika pengunjung merasa mendapatkan apa yang mereka cari, mereka akan memberikan kesan bagus kepada blog kita.

Bahkan mungkin tidak ragu untuk membagikannya kepada orang lain. Menghadirkan kemanfaatan sekaligus akan membuat semangat tetap terjaga, jika blog tidak menghasilkan uang, namun kita sudah memberi manfaat kepada orang lain.

Jadi kunci utamanyan adalah niat untuk memberi kemanfaatan kepada orang lain dengan menghadirkan konten-konten positif.

Tentu juga diimbangi dengan belajar menambah wawasan tentang dunia blog, baik secara online maupun secara langsung. Beberapa blogger yang cukup terbuka untuk berbagi ilmu tentang Blogger antara lain Mas Timon Adiyoso dari Balikpapan.

Pemilik blog mastimon.com tersebut sangat terbuka untuk berbagi tips dalam membangun dan mengelola blog. Ia juga membuka kesempatan untuk mengikuti privat dalam pengelolaan blog.

Belajar dari Aina Mulyana

Kesederhanaan dan kemanfaatan bisa dijadikan pelajaran dari blog ini. Mengusung tagline AINA (Aktual, Inspiratif, Normatif dan Aspiratif) blog Aina Mulyana mampu memberi kemanfaatan bagi banyak orang.

Konsistensi dan ketekunan tercermin dari masa panjang blog ini dikelola. Tahun 2000 hingga 2020 masih tetap bertahan.

Dari segi template yang digunakan, Aina Mulyana memilih template yang enak untuk dilihat. Tidak banyak widget sehingga lebih simpel dan mudah diakses. Ini bisa dijadikan pelajaran bagi saya yang kadang malah habis waktu untuk ganti-ganti template blog. Cukup menyita waktu dan energi.


Dengan beragam konten yang ada di ainamulyana.blogspot.com berarti pula bahan bacaan yang harus dibaca setiap hari oleh Aina Mulyana cukup banyak. Karena dari bahan bacaan itulah kemudian ada bahan yang bisa diolah menjadi konten.

Meskipun saat ini untuk mendapatkan bahan konten terbilang mudah. Lihat saja sekarang banyak konten yang secara sukarela dibagikan para pengguna whatsapp melalui grup.

Tentu butuh pengolahan agar tidak terkena plagiasi. Memilih mentor yang tepat menjadi hal penting bagi para blogger. Karena seorang mentor tidak hanya menjadi rujukan secara teknis dalam membangun, mengelola dan mengembangkan website. Tetapi juga mempengaruhi mindset dalam mengelola blog.


Karena dalam dunia blog, banyak cara yang digunakan dan setiap orang sangat mungkin memiliki strategi berbeda dalam mengembangkan blog. Ada yang secara manual dan tekun membuat konten bermutu, ada pula yang memanfaatkan aplikasi sehingga pembuatan konten bisa lebih cepat dan relatif mudah.

Meskipun demikian masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Aina Mulyana hanya satu contoh, blogger yang dengan ketekunan bisa mendapatkan keberhasilan. Anda bisa memilih yang terbaik dan tidak melanggar aturan yang ada. Karena bentuk pelanggaran justru akan merugikan kita.

Selamat menebarkan manfaat. Salam.

LihatTutupKomentar