-->

Matsama MAN 3 Kulon Progo: Urgensi Etika Berlalu Lintas

Kulon Progo - Etika tak hanya sebatas dalam pergaulan dan kehidupan bermasyarakat. Etika diperlukan disetiap lini kehidupan, termasuk berkendara di jalan raya. Etika berlalu lintas diperlukan dalam upaya mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Demikian dipaparkan oleh Aibda Asmiul Rokhman dari Unit Lantas Polsek Kalibawang pada acara Masa taaruf siswa madrasah (Matsama) MAN 3 Kulon Progo pada Selasa (16/07/2019) di Aula madrasah. Acara diikuti oleh seluruh siswa baru sebanyak 84 orang.



Asmiul sebagai penyidik kecelakaan lalu lintas ( Laka lantas) ini menjelaskan bahwa etika berlalu lintas antara lain berupa  menaati: rambu, marka jalan, kelengkapan diri, dan kelengkapan kendaraan. 



Kelengkapan diri meliputi helm, jaket tebal, kaos tangan, dan bersepatu. Kelengkapan kendaraan meliputi: spion sesuai standar, lampu riting, slebor, lampu rem,  rem, dan surat-surat. Kelengkapan ini diperlukan untuk upaya keselamatan. Dalam kesempatan ini juga diberikan contoh-contoh Laka lantas dan akibatnya, serta jasa raharja. Asmiul mengapresiasi madrasah yang menanamkan etika berlalu lintas seawal mungkin.  Mengingat angka Laka lantas saat ini sebagian besar adalah usia anak sekolah karena kurangnya kesadaran dan pengetahuan berlalu lintas. Asmiul berharap dengan adanya pendidikan ini, Laka lantas dapat diminimalisir.

Waka kesiswaan, Yuni Karyaningrum SPd dalam wawancara memaparkan "Giat bersama Polsek Kalibawang ini diselenggarakan dengan maksud agar siswa memiliki kesadaran disiplin berlalu lintas sejak dini. Pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya etika berlalu lintas dapat menumbuhkan kesadaran akan keselamatan diri dan keselamatan orang lain". Wahyuni mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan personil Polsek Kalibawang yang selalu bersedia menyukseskan berbagai giat kesiswaan di MAN 3 Kulon Progo. (Nur)
LihatTutupKomentar