-->

Patut Ditiru, Perpustakaan Desa Balecatur Gamping Masuk Klaster A Nasional


Gamping – Perpustakaan memiliki posisi penting dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM). Melalui ketersediaan perpustakaan yang memadai dan dikelola dengan baik diharapkan mampu meningkatkan minat baca masyarakat. Pihak Pemerintah Desa sudah sepatutnya memberi perhatian serius dalam pengembangan perpustakaan untuk warganya.

Satu di antara Perpustakaan Desa yang telah diakui dan dikelola dengan serius adalam Perpustakaan Desa Balecatur Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman. Perpustakaan desa ini mampu masuk dalam kategori klaster A tingkat Nasional. Ada enam Perpustakaan Desa Se-Indonesia yang berhak meraih klaster A, termasuk Perpustakaan Desa Balecatur.



Prestasi tersebut mendapat apresiasi khusus dari Staf Khusus Pimpinan Perpustakaan Nasioan, Supriyanto ketika menjadi Juri dalam Lomba Perpustakaan Umum Desa tingkat Nasional, Senin (15/7).

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Perpustakaan Desa Balecatur karena berhasil masuk  6 besar dari sekian banyak perpustakaan desa di seluruh Indonesia,” ungkap Supriyanto.


Terdapat dua komponen yang menjadi perhatian dalam penilaian. Pertama, komponen kelompok dasar pengembangan yaitu antara lain memiliki gedung, memiliki koleksi buku, memiliki tenaga dalam hal ini sumber daya manusia (SDM), terdapat pelayanan, terdapat pengunjung, dan memiiliki anggaran. Kedua, memiliki kelompok Inovasi dan penguatan.

Inovasi penguatan ini diartikan sebagai inovasi terkait literasi yang dapat berdampak seperti membaca yang memiliki dampak bagi pembaca tidak hanya menjadi tau saja, akan tetapi juga memiiki banyak wawasan dan dapat berdampak langsung saat diimplementasikan.


Sedangkan Bupati Sleman, Sri Purnomo menyampaikan keberadan perpustakaan di Kabupaten Sleman selain ditujukkan untuk memberikan pelayanan kepada para pelajar dan mahasiswa, juga memberikan pelayanan bagi masyarakat umum dan anak-anak.

Sedangkan jumlah pengunjung perpustakaan dan peminjaman koleksi perpustakaan di Kabupaten Sleman dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Perkembangan positif tersebut tampak dalam jumlah pengunjung perpustakaan pada tahun 2018 meningkat sebesar 0,37% yaitu dari 626.674 orang pada tahun 2017, menajdi 628.964 pada tahun 2018. [KM/03 || slemankab.go.id]

LihatTutupKomentar