-->

27 – 28 Mei Matahari di Atas Ka’bah, Saatnya Cek Ketepatan Arah Kiblat


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan melalui  akun twitternya mengabarkan pada tanggal 27-28 Mei 2019 nanti posisi Matahari berada di atas Kakbah. Momentum ini bisa digunakan masyarakat untuk mengecek ketepatan arah kiblat.

Saatnya Cek Ketepatan Arah Kiblat
Saatnya Cek Ketepatan Arah Kiblat

Anda bisa melakukannya dengan cara sederhana:
Catatan: ini hanya berlaku untuk wilayah Indonesia Tengah dan Barat. Dan untuk Kecamatan Minggir biasanya cukup sulit, apalagi wilayah Sendangagung karena pada pukul 16.18 Matahari mungkin sudah terhalang pegunungan Menoreh.

1.   Tancapkan tongkat atau batang lurus kayu (penggaris) secara tegak lurus di tanah. Tepat pada pukul 16.18 WIB posisi Matahari di atas Ka’bah, tandai arah bayangan yang dihasilkan.
2.    Arah kiblat mengarah dari ujung bayangan menuju tongkat yang ditancapkan.
3.    Kondisi serupa akan terulang setiap akhir Bulan Mei dan pertengahan Bulan Juli.

Sejarah pembetulan arah kiblat paling fenomenal di Indonesia ketika KH. Ahmad Dahlan meluruskan arah kiblat di Masjid Gedhe Kauman. Saat itu mendapat tentangan dari pemuka agama Islam.

Bagi sebagian besar masyarakat saat itu, kiblat shalat yang dipahami adalah yang penting menghadap ke barat. Padahal letak Pulau Jawa berada timur dan cenderung arah selatan Kakbah. Tidak arah timur lurus. [KM/03]









LihatTutupKomentar